Cara Membersihkan HLA

Artikel ini pernah saya posting di beberapa milist otomotif, namun demikian ada baiknya saya tulis kembali disini agar rekan-rekan yang belum tahu bisa juga membacanya kembali.

Pada kendaraan yang mempergunakan HLA, biasanya masalahnya adalah bunyi berisik saat HLA kotor yang menyebabkan kerjanya tidak baik lagi. Sebagai ilustrasi, saya berikan contoh HLA pada Mitsubishi. Namun demikian semua cara yang dilakukan sama saja untuk HLA pada kendaraan lain.

Jika keadaan Cyl head sudah seperti ini,

Cyl-Head

Sudah pasti HLA pun penuh dengan kerak oli

HLA01

Bleeding saja tidaklah cukup walaupun di lakukan dengan benar sesuai buku manual, ini dikarenakan kotoran-kotoran oli yang terbentuk sebelumnya baik itu didalam saluran oli maupun didalam HLA sendiri belum tuntas bersihnya.

Oleh karena itu ada baiknya sesekali melakukan pembersihan terhadap HLA,caranya tentunya dengan elepas kan HLA dari tempatnya seperti foto diatas, kemudian melepaskan satu persatu part yang ada dalam HLA
menjadi bagian bagian kecil seperti terlihat di bawah ini.

HLA02

Terlihat dari kiri ke kanan adalah Crimp connector, adjusting piston,check valve body, return spring, lifter housing.

Bersihkanlah masing masing bagian tersebut dengan menggunakan DCS atau sejenisnya, lakukanlah dengan seksama sehingga kotoran yang melekat lepas semuanya, lalu diamkan sekitar 15 s/d 20 menitan agar pembersih kerak bekerja efektif. Gunakan kuas kecil atau cotton bud untuk membersihkan kerak jangan pergunakan sikat kawat. Perhatikan pada setiap part HLA, usahakan membersihkan sampai sedetail-detail nya,termasuk juga check ball yang terdapat pada check valve body, jangan sampai ada kotoran yang masih tertinggal disana, karena jika masih ada, besar kemungkinan oli tidak bisa masuk dan keluar dengan
sempurna.

Pekerjaan selanjutnya bilaslah dengan Carb cleaner (STP atau sejenisnya) sehingga kotoran yang telah di lunturkan DCS terlepas dan HLA menjadi bersih kembali seperti ini

HLA04

Perhatikan jika terdapat goresan pada bagian-bagian tersebut sebaiknya gantilah dengan HLA yang baru.

Selanjutnya olesi seluruh part dengan oli baru, install ulang bagian-bagian tersebut sesuai urutan gambar diatas, jika Check Valve body sukar masuk ( artinya Check Valve body bekerja baik) Tusuk dan tekanlah Check Ball dengan Special tool (lihat Service maual masing-masing kendaraan) atau jika tidak ada, bisa menggunakan obeng jam (plus) atau juga bisa menggunakan klip kertas yang sudah diluruskan, melalui lubang kecil tepat di ujung kepala adjusting piston sehingga check ball tertekan ke bawah dan udara yang ada dalam lifter housing keluar dan Check valve body masuk kedalam.

Pada saat menginstall Adjusting Piston, perhatikan lubang Adjusting Piston harus searah dengan lubang pada Liftter housing. Baru kemudian pasang Crimp connector untuk mengunci.

Lihatlah perbedaan antara yang belum dan yang sudah di bersihkan………..hmmm kinclong kan.

HLA03

Lakukanlah pembersihan pada semua HLA dan setelah selesai semuanya setiap HLA harus direndam dalam Oli yang baru sambil menekan-nekan adjusting pistonnya agar oli bisa mengisi rongga High pressure chamber. Jika oli sudah masuk dengan sempurna maka adjusting piston akan sangat berat untuk ditekan dengan tangan, bahkan bisa dikatakan tidak bisa ditekan lagi.

Setelah selesai pekerjaan terhadap HLA, pasangkan kembali HLA pada Cyl head dengan lubang lifter housing menghadap kearah lubang saluran oli pada cyl head, dan setelah dirasa semua pekerjaan komplit jangan lupa pasang camshaft dkk.

Beres itu semua lakukan start engine ( sebaiknya dengan oli baru tentunya), dan biarkan beberapa saat sampai mesin mencapai suhu kerja dan rasakan bedanya.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

—Dilarang mengambil, mengutip sebagian atau seluruh isi situs ini tanpa izin penulis—

About these ads