Kemarin ada seorang teman pengguna Vios, ceritanya curhat mengenai Viosnya, katanya kenapa kok sekarang jadi boros dan tenaganya serasa kurang dari sebelumnya. Sudah coba ditune-up dibeberapa tempat tapi tetap aja boros.

Setelah di cek, ternyata memang tidak ada kelainan apa-apa . Tapi untuk memastikan dicoba cek pompa dan filter bensinnya. Weiiit…..ternyata filter bensin Vios lain dari biasanya, dia berada dan bersatu dengan pompa bensinnya (sama dengan Avanza kalo enggak salah)

Setelah dibongkar ternyata memang benar, kotoran yang keluar coklat….maksudnya lumpur berwarna coklat….bukan coklat group band ya…xixixixi

Loh apa hubungannya filter bensin sama boros dan tenaga loyo? begini, saat filter bensin kotor maka aliran bensin dari pompa pun akan tersendat, akibatnya tekanan pada fuel rail juga berkurang yang mengakibatkan semprotan injektor tidak mist lagi, kalo orang bilang sih jadinya seperti kencing gitu deh. Jadi otomatis tenaga kurang, boros iya.

Untuk memudahkan teman-teman untuk mengecek atau mau mengganti fuel filter sendiri disini saya kasih tips nya,

pertama lepaskan kutub negative accu, selanjutnya buka jok belakang dengan menarik keatas sisi kiri dan juga sisi kanannya, lalu buka tutup fuel pump dan lepaskan socket Fuel pump dan fuel sender gauge.

01

Lepaskan selang fuel delivery, dengan cara menjepit clip nya dengan tank dan kemudian tarik selangnya.

02

Buka clip pengunci selang balik, dan lepaskan selangnya dengan cara menarik ke bagian atas.

03

Siapkan fuel filter pengganti

04

lepaskan bagian atas Fuel pump assy

05

Lepaskan konektor kabel fuel gauge sender

06

Begitu juga konektor fuel pump

07

Lepaskan Fuel gauge sender, dengan mendorongnya kebawah hingga terdengar bunyi klik.

08

Hati hati jangan sampai pecah.

09

Lepaskan pengikat fuel pump filter

10

lepaskan fuel pump dengan menekan konektor bagian atas dan menariknya dari bawah.

11

lepaskan Fuel Pressure Regulator dengan cara menarik. hati hati jangan sampai O-ringnya rusak

12

Setelah semua terlepas, gantilah fuel filter dengan yang baru sesuai urutan terbalik dari uraian diatas. Contras ya jadinya…

13

Gunakan kunci torsi saat pengencangan baut pengikat Fuel pump, agar semua baut rata pengencangannya.

14

Pada saat penggantian fuel filter ini, sebaiknya cek juga O-ring -O-ring yang ada pada Fuel pump Assy, jika terlihat kurang baik sebaiknya ganti dengan yang baru untuk menghindari kebocoran.

Tulisan ini hanya info sebagai pengetahuan saja, penulis tidak bertanggung jawab atas resiko yang terjadi dengan mengikuti tulisan ini. Bekerja dalam bagian bahan bakar sangatlah riskan terhadap kebakaran, sebaiknya “don’t do this @ home” dan disarankan dilakukan oleh orang yang telah berpengalaman dan ditempat yang aman.

—Dilarang mengambil, mengutip sebagian atau seluruh isi situs ini tanpa izin penulis—

About these ads