Kerja VVT atau variable Valve Timing pada toyota VVTi merupakan bagian penting dalam hal performance mesin. Karena itu ada baiknya kita pun selalu menjaga agar kerja VVT tetap baik.

VVT ini diaktifkan oleh Oil Control Valve atau disebut juga OCV, oli yang masuk ke dalam system VVT ini sebelumnya difilter terlebih dahulu oleh Filter OCV. Jika filter ini kotor atau tersumbat bisa jadi tekanan untuk memajukan dan memundurkan timing camshaft pun terganggu.

Nah sebagai kelanjutan dari keluhan teman pengguna Vios sebelumnya, lihat linknd8

akhirnya diputuskan untuk mengecek Filter OCV nya.letak filter nya agak tersembunyi karena terhalang oleh Alternator. Oleh karena itu Alternator harus dilepas terlebih dahulu. Pada gambar dibawah ini terlihat letak Filter OCV (tanda panah)

Filter 01

Setelah dilepas ternyata Filter OCV nya memang sudah tertutup kotoran yang kemungkinan lolos dari filter oli mesinnya.

Filter 02

Membersihkannya juga mudah dengan bantuan bensin dan carburetor cleaner si filter ini kembali bersih dan siap dipasang kembali.

Alhamdulillah setelah kedua macam filter baik filter OCV dan filter bensinnya bersih, teman bilang performa Viosnya kembali prima.

Sekedar saran, untuk pengguna mobil dengan system VVTi (atau sejenisnya), selalu gunakan Oli yang bermutu dan tidak menimbulkan kerak untuk jangka panjang, selalu juga mengganti Filter Oli yang sesuai spec pabrikan.

Tulisan ini hanya info sebagai pengetahuan saja, penulis tidak bertanggung jawab atas resiko yang terjadi dengan mengikuti tulisan ini. Gunakan special tools dalam menangani kasus ini untuk untuk menghindari kerusakan, sebaiknya “don’t do this @ home” dan disarankan dilakukan oleh orang yang telah berpengalaman.

—Dilarang mengambil, mengutip sebagian atau seluruh isi situs ini tanpa izin penulis—

About these ads