Dear Rekans,
 
Mungkin beberapa dari rekan-rekan masih kurang peka terhadap gangguan
yang terjadi pada kendaraannya semisal system pemindah daya
(Transmisi).
Bagi rekan yang pernah mengalami kerusakan di system ini pasti
merasakan bagaimana keselnya ketika tuas persneling sukar di
dipindahkan dari satu gigi ke gigi yang lain, atau kesal waktu gigi
sudah dipindahkan ehhhh malah balik lagi ke netral, bahkan betapa
kesalnya ketika membutuhkan tenaga spontan tetapi tenaganya enggak
muncul-muncul walaupun mesin sudah menjerit karena rpm tinggi.
 
Pada kasus yang disebut terakhir paling sering terjadi, dimana sang
pengendara tidak begitu peka merasakan kejanggalan ini, padahal jika
hal ini di biarkan berlarut larut maka kerusakan pun akan bertambah
besar dan sangat membahayakan.
 
Penyebab dari penyakit ini tidak lain adalah dari ausnya plat kopling
yang menyebabkan plat kopling slip dan tidak bisa menyalurkan tenaga
putaran mesin secara maksimal ke roda. Gejala umum yang dirasakan
adalah bergetarnya kendaraan terutama pada saat pedal kopling dilepas
pada gigi satu dari keadaan diam, dan hal ini akan makin parah ketika
mesin panas karena perjalanan jauh. Gejala lainnya seperti juga
diungkapkan sebelumnya yaitu RPM tinggi tapi tenaga tidak muncul dan
hal ini biasanya akan sangat terasa pada jalanan yang mendaki.

 
Karena itu jika gejala-gejala ini timbul, sebaiknya lakukan
penggantian plat kopling dkk nya. Jangan sampai plat kopling
habis…bis…bis…bis dan menyebabkan Flywheel terkikis. Jika
Flywheel sampai terkikis sudah barang tentu tidak di rekomen untuk di
bubut lagi…….lho kenapa? alasannya pada banyak kasus flywheel
yang sudah bergesekan dengan metal plat kopling akan menimbulkan
panas yang berlebihan (extremely high temp) dan akibatnya terjadilah keretakan flywheel
seperti foto berikut ini (lihat tanda panah)
 Flywheel retak

Akan sangat bijaksana jika hal ini terjadi gantilah flywheel dengan
yang baru, jangan anggap remeh walupun keretakan ini keretakan rambut
 
Masih ingat kejadian sebuah mobil (enggak usah disebut mereknya)
flywheelnya pecah beterbangan di puncak beberapa tahun silam?
menyebabkan dinding gearbox dan kap mesin bolong diterjang pecahan
flywheel beberapa saat setelah parkir.
Kemungkinan hal ini terjadi karena mobil di paksakan naik dijalan
yang mendaki sementara plat kopling sudah slip berat dan menyebabkan
panas berlebihan pada Flywheel (tentunya menyebabkan keretakan rambut
seperti yang saya jelaskan di atas), sesaat setelah parkir flywheel
mendapat pendinginan yang sangat drastis karena suhu yang dingin di
puncak dan kraaakkkk……..bbuuuuuummm terbanglah sang flywheel
berkeping keping.
 
Semoga hal demikian tidak menimpa kita……karena itu waspadalah.

Note: Please see also technical info in the ICC miling list from kang mas Zudhi http://groups.yahoo.com/group/unofficial_indonesian_corolla_club/message/77167 

Brought to you by

Cepot
 

—Dilarang mengambil, mengutip sebagian atau seluruh isi situs ini tanpa izin penulis—