Disabling Corolla GTi’s Speed limiter

Corolla GTi dengan mesin 4A-GE paling banyak di modifikasi pemiliknya dan bahkan para pemodifikasi. Mesinnya yang menganut system DOHC dengan dua sprocket masing masing untuk intake dan exhaust cam, mempunyai performa lebih di bandingkan dengan mesin lainnya yang sekapasitas. Oleh karena itu, banyak Corolla Gti yang di turunkan pada arena balap atau drag.

Panel

 

Untuk kepentingan diatas itulah, beberapa kondisi bawaan pabrik di rasa kurang memadai dimana diantaranya adalah speed limiter yang ada pada 7500rpm dirasa kurang dan menurut pengalaman rekan-rekan yang pernah mencoba dengan menaikan sampai 9000rpm barulah si Gti ini mampu menunjukan taringnya.

 

Bagaimana sih caranya pemodifikator mengubah speed limiter ini menjadi bisa mencapai yang diinginkan?

Ecu-gti

Bila kita lihat Ecu nya dan memperhatikan pin pin pada ecu maka akan terlihat adanya satu pin dengan tulisan SPD.

Nah pada pin SPD inilah si processor ecu bisa mendeteksi putaran mesin. Dan saat mesin berputar mencapai 7500rpm maka si processor akan memerintahkan untuk menghentikan sementara pasokan bahan bakar dari injector, sehingga rpm akan menurun lagi dan supply di berikan lagi.

Kabel

 

Dengan mengetahui pin SPD pada ECU maka kita akan tahu kabel mana yang terhubung dengan pin ini dan dengan cara mencabut kabel ke pin SPD ini maka Speed limiter seolah ditiadakan karena si processor tidak akan mendeteksi putaran mesin yang ada. Akibatnya putaran mesin lebih dari 7500rpm tidak akan menjadikan mesin stall atau brebet karena pasokan bahan bakar tidak lagi dikurangi.

Apakah cara ini cukup aman?

Tentu saja tidak, karena dengan modifikasi ini maka tidak bisa dijamin kekuatan dari mesin standar akan cukup kuat bertahan lama. Karena itu sebaiknya jika melakukan ubahan ini sebaiknya di barengi dengan penggantian part kompetisi dan juga dibarengi dengan penggunaan Shift light agar tidak terjadi over rev.

Tulisan ini ditujukan semata-mata untuk sharing pengetahuan saja. Penulis tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi jika modifikasi ini dilakukan.

—Dilarang mengambil, mengutip sebagian atau seluruh isi situs ini tanpa izin penulis—