Tips menghadapi Upper tank radiator bocor

Dalam musim mudik lebaran seperti sekarang ini, Tips berikut ini moga-moga berguna bagi rekan-rekan.

Sebenarnya kejadian ini terjadi setahun lalu di Tol Simatupang saat pulang kerja. Saat itu sedang dalam kecepatan tinggi sekitar 160km/jam dan berada di sebelah kanan jalan, tiba tiba setiap injakan gas walau sedikit terdengar bunyi ngelitik di mesin, namun saat itu temp gauge masih menunjukan temperatur normal.

Pindahkan gigi persneling pada yang lebih rendah pun masih terdengar bunyi ngelitiknya, dan tiba tiba saja mesin Rpm drop karena mesin mati, reflek saja kopling lang sung di tekan dan lampu sign ke kiripun di hidupkan untuk menepi perlahan-lahan dengan bantuan momen lajunya kendaraan.

Saat engine hood di buka……buuuzzzzz…….uap air panas pun keluar, dan ternyata upper tank radiator retak Uper-tank-retak

 

Jika mengalami kejadian seperti ini, jangan panik, tunggu beberapa saat untuk memberikan kesempatan mesin agak dingin, sementara itu carilah air untuk mengisi sementara radiator.

Setelah dirasa cukup dingin, bukalah tutup radiator perlahan-lahan dengan bantuan kain lap. Isi radiator dengan air lagi dan pasangkan lagi tutup radiatornya.

 

Selanjutnya, lepaskan konektor yang menghubungkan temperatur switch yang letaknya pada Corolla dan kebanyakan kendaraan lainnya berada pada inlet water housing, seperti terlihat pada foto dibawah ini.

Temp-switchTujuannya agar fan radiator dan extra fan hidup terus dan mendinginkan radiator sementara kita menggunakan kendaraan sampai rumah atau bengkel terdekat untuk diperbaiki.

Pastikan juga, saat anda menjalan kan kendaraan dalam keadaan darurat sperti ini, selaluperhatikan temperatur gauge di panel.

Jika perlu berhentilah setiap beberapa lama untuk mengecek isi air radiator dan isikan air kembali jika dirasa kurang.

Usahakan dalam perjalan pergunakan gigi tinggi untuk mendapatkan rpm rendah sehingga mesin tidak menghasilkan panas berlebih.

Setelah sampai di rumah atau bengkel terdekat gantilah upper tank yang rusak dengan upper tank baru sesuai aslinya, dan disarankan jangan mengganti dengan upper tank buatan yang biasanya terbuat dari kuningan. Ini berhubungan dengan safety factor tentunya.

Sebagai informasi saja upper tank Corolla Great atau Allnew maupun Twincam aslinya hanya Rp.175.000 dan bisa dengan mudah kita menggantinya sendiri. Bandingkan dengan menggantinya menggunakan kuningan paling tidak keluar Rp.350.000 dari dompet kita.

Saran saja jika hendak bepergian jauh, sebaiknya siapkan paling tidak 1 galon coolant atau air, untuk jaga-jaga saja.

 

—Dilarang mengambil, mengutip sebagian atau seluruh isi situs ini tanpa izin penulis—