Kuras Oli Transmisi Matic
Menjawab pertanyaan yang masuk mengenai bagaimana caranya menguras oli transmisi matic, di bawah ini akan di terangkan cara kuras yang selalu saya lakukan.
Ada dua cara menguras oli yang selalu saya lakukan,
Cara pertama
Cara pertama ini dilakukan biasanya bersamaan dengan pekerjaan lain dimana menuntut Gearbox di turunkan atau memang ada masalah pada gearbox matic itu sendiri.
Dengan cara ini oli yang masih tersisa di torque converter dan juga pompa oli serta pada bagian lainnya bisa dikeluarkan serta kotoran atau sludge yang tertinggal di dalam nya juga bisa sekaligus di bersihkan.
Namun cara pertama ini memerlukan biaya yang cukup besar, walau hasilnya akan jauh lebih baik dari cara lainnya.
Cara Kedua
Cara kedua ini paling sering dilakukan dalam maintenance penggantian oli transmisi matic, dan dilakukan biasanya setiap 40k km (tergantung specifikasi pabrikan)
Caranya:
- Siapkan oli ATF pengganti sebanyak kurang lebih 10 liter (tergantung Spec)
- Siapkan packing Cover valve body (CVB)
- Buka drain plug (baut penguras) di cover valve body (CVB)
- Buang oli ATF yang lama, tentunya menggunakan tempat agar tidak kotor dan berantakan kemana-mana dan biarkan hingga habis
- Tutup kembali drain plug
- Isi kembali oli ATF baru kedalam gearbox matic (biasanya pengisian dengan cara ini akan memakan oli +/- 4 literan (lihat spec kendaraan masing masing)
- Start engine, kemudian tekan rem pindah pindahkan tuas mulai dari “P” hingga balik lagi ke “P” paling tidak 5 kali, Untuk lebih yakin sebaiknya jalankan kendaraan kurah lebih 15 menitan (bisa
berputar-putar komplek) - Matikan mesin, kemudian buka lagi drain plug, untuk mengeluarkan oli yang baru diisi tadi, ini gunanya untuk menguras oli yang masih berada di pompa dan juga di Torque converter serta oli yang masih bercokol di Valve body.
- Jika ingin mengirit, bisa saja urutan #5 hingga #8 tidak dilakukan.
-
Buka CVB dengan melepaskan semua baut pengikat CVB, kemudian bersihkan CVB beserta Magnet yang biasanya berada pada dasar CVB dan letakan kembali sesuai aslinya setelah di bersihkan.
- lepaskan Filter oli matic dan bersihkan menggunakan minyak tanah dan bersihkan dengan batuan angin bertekanan dari kompressor, hingga geram-geram metal yang menempel bersih. Jika diperlukan gantilah filter ini.
- Bersihkan semua bagian luar valve bodi dengan lap bersih, karena biasanya sludge oli banyak menempel disana.
- Pasang kembali filter dan CVB, serta jangan lupa ganti packing CVB.
- Setelah selesai, tutup kembali drain plug dan isi kembali oli (hati-hati jangan sampai oli ATF yang dimasukan melebihi yang di tentukan)
- Hidupkan mesin dan lakukan hal seperti #7, cek apakah ada kebocoran pada packing CVB.
- Selesai sudah pekerjaan kuras oli matic ini dan gantilah oli setiap 25k km atau sesuai spec dari pabrikan)
Dari pengalaman, cara kedua ini akan lebih baik hasilnya dibanding cara sedot karena geram geram dan kotoran yang menempel di CVB dan Filter dapat dibersihkan.
Semoga bermanfaat
—Dilarang mengambil atau mengutip sebagian maupun seluruh isi situs ini tanpa izin penulis—
November 4, 2006 at 4:36 pm
Kalau dengan ATF changer bagaimana ?
Lalu bagaimana caranya mengganti oli A/T transmisi BMW 528i yg tidak ada dipstick pengukur olinya (ZF) ? Bagaimana melihat indikasi sudah penuh / kurang / kelebihan ? (Di manual dibilang oli ga perlu diganti, tapi berhubung udah lama, jadinya gak mau ambil resiko)
Apa perbedaan transmisi matic Aisin Warner yg menggunakan ATF JWS 3309 (Toyota Type 4, etc.) dibanding transmisi matic yg menggunakan DEXRON ?
Roel Says:
Buat orang yang kurang punya waktu, penggantian dengan ATF changer bisa jadi alternatif, walau hasilnya tidak seperti cara yang di bicarakan diatas.
Untuk BMW, sebaiknya lihat lagi owner manualnya.
perbedaan Aisin AW T-IV adalah slip-controlled lock-up
November 6, 2006 at 1:14 am
Mo tanya, Kang … yang bener, Valve Body atau Body Valve ?
Mungkin packing CVB (atau CBV ?) dalam bahasa yang lebih awam disebut dengan packing karter. Bisa begitu kah ?
Thanks, Bro ….
Roel Says:
yang benar “Valve body”
benar Packing CVB bisa di bilang begitu
November 7, 2006 at 12:19 am
Maaf Kang, kalo kuras matic di bengkel itu kualitasnya bagaimana ? … eh maksud saya rekomen gak ? seperti misalnya kuras matic di Toda oli Radio Dalam, karena saya biasanya kalo kuras matic ke situ. maklum Kang, saya buta soal matic, tapi baru seneng mobil matic soalnya istri bisa mudah menjalankannya.
Terus mohon info juga bengkel matic di jaksel kalo ada, yg cukup bagus tapi murah
trims
Roel says:
Satu pesan saya, pada Corona ada dua kamar pengisian satu untuk gearboxnya di belakangnya untuk Diferensialnya. Kamar satu dan lainnya tidak terhubungkan.
Nah bengkel yang di sebutkan harus melakukan di kedua sisi tersebut.
Semoga bermanfaat
November 30, 2006 at 2:08 am
Kang Arul,
Nambahin dikit, kalau di bengkel matic yang pernah saya coba, untuk nguras oli yang masih tersimpan di torque converter dapat dilakukan dengan cara membuka selang yang menuju ke radiator. Kemudian nyalakan engine, lalu ngucur deh olinya. Matikan mesin begitu aliran sudah tidak lancar. Dengan cara ini oli yang keluar bisa lebih banyak lagi. Jadi pada sa’at diganti dengan oli baru, oli lama yang masih tercampur dengan oli baru tinggal sedikit. Proses ini bisa diulang sampai hakkul yaqin bersih 🙂
Roel says:
Tapi jangan kelamaan hidupinnya ya, malah nanti pompa olinya yang masalah.
January 10, 2007 at 4:28 am
kang arul…
saya mo tanya pdk terima “ahond” gak selain corolla/toyota….?
makasih ya…
Roel Says:
Ada aja temen temen yang datang minta tolong kang.
January 15, 2007 at 7:45 am
Kang, corona saya 91/2000cc/matic, kalau pagi / start awal walaupun sudah masuk ke D sulit banget buat maju, kadang saya gas / rpm tinggi baru agak jalan, katanya beberapa orang kompresinya, tapi saya nggak tahu kompressi yg mana, ngomong2 punya bengkel yg di rekomen ga?
Terima kasih
Roel says:
Pada matic ada yang namanya valve body didalamnya punya jalur yang kecil kecil dan jelimet, serta mempunya katup katup, nah kemungkinan jalur jalur ini ada yang etrsumbat karena kotoran atau juga ada katup solenoid yang sudah minta ganti. saya sih rekomendasikan mengganti segelundung ex s’pore karena akan jauh lebih murah ketimbang harus OH kang. harga beli seal kit komplit bisa lebih mahal dari segelundung ex s’pore………semoga membantu
February 22, 2007 at 8:57 am
Aloe kang Arul
Mau ikut nimbrung nih masih inget sama Hulk kan..he.h.e.he, dah lama ngga bersua di duta mekar asri. kenapa ya metik sekarang susah pindah gigi, so kalau mau pindah gigi harus sampai bunya zzzziiinggg + lepas gas baru mau pindah…kenapa ya? apa cukup membersikan gearbox atau harus gan segelondongan?
matur nuwun
Roel says:
Coba cek dulu oli nya kekurangan atau kelebihan? kekurangan atau kelebihan bisa bikin masalah lho.
March 6, 2007 at 8:07 am
Kang Roel,
Saya pake ferio matic, saat ini di bengkel sedang di OH hasilnya dudukan Asprize nya udah baret, pakah masih bisa di perbaiki?. Dan bagaimana untuk membeli segelundung box? berapa harganya?
Thanks
Rudy
Roels Says:
Kang Rudi, saya enggak ngerti tuh apa sih yang di sebut asprize itu……hehehehe….kok malah balik tanya ya?
March 9, 2007 at 7:10 am
halo kang, BMW 520i saya th 1987 maticnya masalah hanya bisa masuk gigi 1 dan 2, sebelumnya cuma bisa 1. Kira2x apanya ya ?
ada yang bilang di flasu aja maticnya ada juga yang bilang setelannya di matiknya kurang pass. kira2x bengkel mana yang di rekomendasi untuk masalah ini.
Roel says:
Biasanya ada solenoid yang mati atau tersumbatnya pipa kapiler pada solenoid hidrolik pemindah gigi untuk gigi yang macet. Atau bisa juga dari governornya.
sayang untuk BMW saya belum pernah bongkar, kebanyakan yang saya share disini adalah Toyota kang.
Untuk bengkel yang OK banyak kok kang, baca aja di Otomotif kalo enggak salah pernah di ulas juga.
June 16, 2007 at 5:49 am
Kalo saya service matic menggunakan mesin penguras, tempatnya di serpong, biasanya menghabiskan +/- 15 lt, itu bisa benar benar bersih atau tdak?. atau kalo mau alamatnya di bengkel Orange komp. Ruko Alam sutera II Serpong
August 3, 2007 at 3:11 pm
kang arul maaf agak nyimpang, kalau berhenti mobil matic berhenti pada saat lampu merah atau +/- 5 menit apakah sebaiknya di posisikan ke N atau D dan injak rem…?
dari milis sebelah ada yang bilang mending di posisi D karena kalau sering pindah N-D-N-D akan mengakibatkan kopling cepat aus.
karena saya awam masalah gearbox matic mohon pencerahannya kan.
makasih
Roel Says:
Jika pada saat diam menggunakan D atau dibawahnya misalkan 2 atau L, yang jelas mesin menjadi terbebani dan tentunya jadi lebih boros.
Disarankan tentunya pindahkan ke N.
Mengenai kopling cepat aus karena sering pindah, tentunya enggak benar tuh.
August 6, 2007 at 8:18 pm
kang apakah bisa merubah transmisi manual dijadikan automatik, kalo bisa gimana sih caranya dan dimana tempat bengkel yang biasa merubah mesin tsb??…
tolong dibalas yah, saya perlu informasi dari masnya nie. blas kesini aja (www.wi3ne.co.id)thanks !!!……..
Roel Says:
Coba lihat di http://icclub.multiply.com/photos/album/3/_4A-F_manual_to_4A-FE_matic_Engine_swap_pat2
August 6, 2007 at 9:31 pm
Bang roel,
saya pakai elantra 96, baru saja saya perbaiki mesin gear boxnya (ganti plat kopling, seal2 dan lainnya) saat naik, saya coba pengoperan gigi pertama terasa kaget (tersentak) begitu pula pada saat kembalinya dari gigi 2 ke 1. Masalah tersebut dapat terselesaikan pada saat montir tersebut mengganti body valve nya. Tapi itu hanya sesaat saja. Saat saya parkir setelah mencobanya giginya malah tidak mau maju. Sekarang posisinya sedang tida mau maju atau mundur. Yang mau saya pertanyakan, apakah ini disebabkan karena penggantian body valve tersebut. Kabel yang keluar dari body valve nya tidak sama dengan yang lama. Saya khawatir apakah dengan menukar-nukar kabel tersebut dapat menyebabkan terjadinya arus pendek sehingga ada yang korslet ?
Terima kasih
Roel says:
Kang, setahu saya di Toyota memang ada bermacam macam gearbox transmisi matic, ada yang full hydrolic, ada juga yang sudah pakai ECT. Tentunya tidak bisa saling menggantikan secara langsung.
nah kemungkinan yang terjadi pada Elantranya, juga begitu. Penyebab nyentak banyak sekali yang tidak bisa saya uraikan disini. Secara umum bisa saja terjadinya slip atau plat koplingnya sudah mulai ada yang aus dan akhirnya bisa menyebabkan tidak bisa jalan.
September 19, 2007 at 9:50 am
kang…mau tanya.
kemarin dulu saya ada kebocoran di body valve.
dah masuk bengkel dan diperbaiki.
nah..saya kurang perhatikan waktu mereka tambahkan oli matic-nya.
trus sesudah di rumah, kelihatan cuma titambahkan sekitar 2,5 liter.
trus..saya liat di pengukur oli..sampai tak ada oli yang tersisa.
kemudian saya cepat2 tambahkan oli sekitar 2 liter. sudah cukup belum ya?
trus di pengukur olinya ( saya pakai soluna ) kalau belum dinyalakan ada disekitar garis ketiga dari bawah, kalau dah dinyalakan ada disekitar digaris 2…apa perlu saya tambah?
soalnya takut rusak kang…
Roel Says:
Untuk ngecek oli metik, saat pagi hari panaskan mesin beberapa saat, kemudian injak rem dan cobalah menggeserkan tuas persnelingnya dari P ke N terus sampai ke L dan balik lagi ke P paling tidak lima kali bolak balik, lalu cek dipstick nya, volume oli harus berada pada sisi “cool” atau diatasnya sedikit, maksimum di tengah-tengah.
saat mesin setelah di pakai jalan jauh biasanya minyak akan memuai dan bisa mencapai level “Hot”
October 24, 2007 at 9:43 am
Hallo AA,
Mo tanya, AA punya bengkel, khususnya buat matic??
Kalo ada saya minat mau kuras Oli matic-nya?
Terus lokasi dimana??
Roel says:
Maaf kang, saat ini bengkelnya off dulu karena kesibukan saya yang tidak bisa ditinggalkan.
December 27, 2007 at 9:45 am
Kang Mo Nanya ni Untuk Mobil Mitsubishi Lancer 95 posisi volume oli matic sebatas mana “cool” atau Hot, makasih ya kang atas sarannya
February 12, 2008 at 2:12 pm
Salam Sejahtera Akang.
Saya mau tanya ni ke Akang tentang harga harga spearpart Lancer matic tahun 95. berapa harga filter oli matic ya kang sekalian packingnya. makasaih ya kang
Roel Says:
Coba tanyakan ke toko sparepart mitsubishi, karena soal harga saya kurang paham.
February 24, 2008 at 2:48 am
kang mau nanya nih,untuk mobil peugeot 405 sti xu9 thn.94 matic nya slip ga mau jalan klw nyari gearbox matic nya yg ex s’pore dimana ya? klw di servis kr2 biayanya berapa? thx.
Roel Says:
Coba tanyakan ke Alam indomesin, atau vriva motor, harganya berkisar sekitar 2 jt an. Pengalaman kalo service untuk mobil toyota bisa lebih dari 2 jt, karena seal dan paking nya aja sudah mahal sekali belum lagi plat koplingnya atau solenoid kalo harus ganti.
March 13, 2008 at 3:09 pm
Kang, mau tanya, saya punya corona matic absolute 95. Maticnya bermasalah, pada saat start awal, biasanya mesin dingin, susah untuk bergerak.
Mohon kasih info bengkel mana yang dierkomendasikan untuk memperbaiki.
Trims.
Roel Says:
Biasanya karena ada solenoid yang bermasalah, sehingga tidak bisa menyalurkan ATF nya.
Bengkel bengkel matic sudah banyak sekarang, coba saja lihat Otomotif kalo enggak salah ada Ricardo matic Wanimatic dll sementara saya enggak punya recomendasi ke bengkel mana….di coba aja…semoga cepet sembuh penyakit matic nya.
April 5, 2008 at 11:38 am
salam kenal kang Aroel..kang mo nanya kalo tranmisi matic dirubah ke manual bisa ga?trus part yang perlu diganti banyak ga?soalnya dah capek matic masalah mulu..thank’s kang
Roel Says:
tentu bisa kang, yang harus disiapkan, master kopling atas dan bawah, Transmisi manual, pedal kopling, plat kopling (Clutch), matahari (Cover clutch), Clutch release bearing, flywheel, engine mounting kiri.
Eehh…banyak juga ya…belum lagi nanti pengerjaannya…..heuheuheu.
April 7, 2008 at 4:56 pm
kang,
ada info gak kalo cari barang ex’singapore yg deket tanah kusir/bintaro.
montir saya bilang, retainer clutch rear nya ada yg patah dan harga part orisinilnya 2 juta.
saya berencana cari yg ex spore. trims yah atas infonya.
Roel Says:
yang saya tahu, di Alam Indomesin (pluit) atau di Vriva Motor (sawangan)
April 9, 2008 at 12:44 am
kang
minta referensi nih, dheHulk sekarang lagi sakit pinggang.
matiknya gak mau turun gigi, alias kalau udah masuk gigi 2, ato 3 gak mau down sendiri, jd pas nanjak gak kuat. harus matiin mesin biar normal baru jln lagi. rusak apanya ya? dah jeboll ya, ato harus ganti 1 geblokan ? minta tolong infonya ya.
matus suwun.
April 9, 2008 at 9:01 pm
Kang mau nanya, sy punya mercy C180 th 94 matic mundurnya ada masalah yaitu ga bisa mundur kl posisi tanjakan, apa yg hrs sy ganti? Apa perlu sy ganti seluruhnya? ada ga matic ex spore ya? Trs kira2 harganya brp ya kang? Tks
May 8, 2008 at 3:33 pm
kang saya mau tanya..
saya punya honda jazz matic.. kenapa disaat saya tinggal lama trus saya panaskan mobil.. transmisi D susah maju.. padahal mesin udah panas.. makin lama saya gak panasin mobil.. makin lama juga di bawa maju..tp bila baru dipake.. tidak terlalu lama majunya..
kalo stelah jalan.. mobilnya baik2 aja..
cuma masalah di awal itu aja…
terima kasih….
Roel says:
Kebetulan saya kebanyakan menggeluti Toyota, hal ini juga sering terjadi pada Toyota dan biasanya karena ada masalah pada pompa oli, plat kopling tipis, atau ada masalah pada solenoid perpindahan gigi.
Satu satunya cara ya musti di bongkar dan di periksa bagian mana yang bermasalah.
May 10, 2008 at 11:13 am
Kang, numpang nanya, mobil saya Bimantara Nenggala sejenis Hyundai Elantra tapi matic. Skarang lagi rusak maticnya. Dimana sih bisa beli matic galant ex Singapura yang kata bengkel saya sesuai dengan mobilnya ? Kira2 berapa ya harganya. Trim.
Roel says:
Apakah sudah dicek ke alam indomesin, Viriva motor atau junkyard lainnya?
August 5, 2008 at 2:47 pm
Salam Kang Arul, mo tanya nih.
saya pake corolla great matic92. masalahnya kalo kecepatan 80Km saat otomatisnya pindah ke gigi 4 tenaga langsung loyo (pedal gas di bejek dalam malah tambah ngelitik) jadi ga ada lrinya. tapi kalo pelan2 injak gasnya ngelitik hilang tapi lari 80Km ke 90Km jadi ga spontan. masih bisa ngebut kalo pake overdrive off.
apa kira2 yang rusak ya? masih bisa diperbaiki atau harus ganti girbox singpure? terima kasih kang atas infonya.
Roel says:
Pengalaman aja ngelitik bukan dari masalah transmisi, coba di tune-up dulu, periksa kompresi ruang bakar akan lebih baik. derajat pengapian yang tidak tepat juga bisa mengakibatkan tenaga loyo dan ngelitik.
September 1, 2008 at 2:33 pm
aa’ aroel, aku mau tanya oli transmisi aku di kuras pakai fluss berapa sih volume oli untuk corona absolute 2000cc matic, tahun 93?
hatur nuhun.
Roel says:
Maksudnya di Flush tuh gimana kang? apakah menggunakan mesin? jika penggantian oli dilakukan dengan mengeluarkan oli dari pan olinya, biasanya pengisian berkisar 4-5 literan. Jika menggunakan mesin biasanya lebih banyak oli yang di butuhkan.
September 11, 2008 at 9:04 am
kang Mau nanya, mobil saya peugeot 405 sti, 6 bulan yang lalu mobil saya baru ganti plat kopling maticnya, untuk saat ini yang saya keluhkan kendaraan tersebut mengalami slip untuk jalannya dan untuk jalan nanjak sanagat susah, kira- kira kenapa yang kang, apakah saya musti ganti plat koplingnya lagi,atau ada solusi yang lainnya, thx please ASAP.
Roel says:
Enam bulan rasanya belum lama ya, terus terang saya belum pernah tahu menegenai matic nya Peugeot. Apakah saat ganti plat koling tersebut semuanya di cek seperti pompa olinya, Torque converternya dan juga solenoid2 yang ada di dalamnya?
September 27, 2008 at 12:36 am
Om mao nanya nih….
kenapa yah civic matic 2002 boros kampas kopling ya..?? trus transmisinya serasa slip, kalo dipake jalan tau2 los ga mau narik sama sekali kalo mesinya dimatiin trus di starter lagi baru nyangkut kalo begitu apa ya yang rusak?? trus gimana solusinya? soale sering kejadian, bikin pusing kepala nih…
Roel says:
Kalo di Toyota, biasanya hal ini disebabkan pompa oli maticnya atau Solenoid matic nya sudah mulai udzur, sehingga aliran atau tekanan oli kurang.
August 25, 2011 at 9:56 pm
spare part utk pompa oli/solenoid/kampas ada dijual bebas gak..??
trus punya gak manual book utk innova matic..??
September 27, 2008 at 3:12 am
Kang mau tanya dong, saya pake peugeot 406 ST / AT th 97. Kenapa ya perpindahan gigi maticnya terlalu cepet, jadi belum juga rpm yang sbnrnya buat pindah gigi, tapi itu matic udah pindah gigi duluan, spt mobil manual, kalo belum waktunya dipindahin gigi, udah kita pindahin, akhirnya tenaga ga ada, bensin boros. Terus kalo mau beli gearbox maticnya yang ex-spore dimana ya ? harganya sampe berapa ya ? makasih ya kang
October 9, 2008 at 9:50 am
Kang, saya mau tanya bagaimana merawat matic untuk jenis honda accord maestro. apa oli matic yang bagus? trus kasih donk rekomendasi bengkel matic yang ok dan murah di sekitar BSD? trus kalo ganti atau kuras oli matic nya gmana. masalahnya masih awam nich sama yang namanya ‘matic’. tk
October 15, 2008 at 5:16 pm
Kang, tanya dunk… City matic 03 saya suka kedap kedip indikator transmisi “D” nya, trus jalannya jadi “ngeden” kalo sudah kedap kedip, gak mau narik lagi. Kalo sudah gitu, saya berhenti, matikan mesin dan start lagi sudah tidak apa2. Sudah di bersihkan dan di reset valve body nya, kumat lagi & lagi. Itu kenapa ya? Kalo valve body yang rusak, harus wajib kudu diganti kah? Bgm kalo tidak diganti, apakah akan merembet rusak ke yang lain? Lantas, kalo saat sedang kedap kedip gak matikan mesin, alias dipaksakan jalan terus, apa yang akan terjadi? Semakin merusak valve body/mesin kah? Ma’aci….
Roel says:
Indikator “D” blinking artinya ada masalah pada PCM (=Powertrain control Module), hal ini terjadi karena PCM mendeteksi adanya error yang berhubungan dengan Load, TPS dll. Kebetulan yang saya tahu di Honda harus dicek menggunakan Scan tool, jadi sebaiknya datang ke Bengkel resmi atau bengkel specialis honda yang mempunyai Honda Scan tool, untuk mendeteksi apakah kerusakan pada transmisinya tau dari sensor lainnya.
October 20, 2008 at 3:58 pm
Kang Roel,
saya baru beli toyota crown 3.0 royal saloon th 95 matic, ada keluhan kalau mesin stationer terdengar bunyi seperti laher yang sudah rusak (agak berdengin) dan suara akan lebih keras mengikuti putaran mesin.
Sebelumnya ada tetesan oli transmisi dan sudah di sealed, namun ternyata kata montir rembes tersebut dari link tongkat transmisi.
Sekarang kalau jalan, awalnya perpindahan gigi normal, namun setelah 5 menit sepertinya transmisi tidak pindah ke gigi lebih tinggi. saya sekarang tidak berani membawa mobil itu jalan. Kira-kira masalahnya dimana ya, saya khawatir kalau dibawa jalan ke bengket tambah parah. Mohon masukan apa yang harus saya lakukan. Terima kasih atas bantuannya dan kalau bisa rekomendasi saya bawa ke bengkel mana yang paham betul matic crown 3.0
Apakah Kang Roel bisa membantu menyelesaikan masalah ini? kalau ya, minta alamatnya dong.
Terima kasih,
Arief H
Roel says:
maaf saya belum mengerti dimana setelah 5 menit gigi tidak pindah. Apakah dia tetap di gigi satu saja atau bagaimana?
Saya belum bisa memastikan kerusakannya dimana? karena saya harus cek terlebih dahulu.
Jika ingin bertemu saya silakan, ini alamat saya,
PadoC
Jl. Bambu Apus Raya 33
Cipayung – Taman Mini
Jakarta Timur 13890
GPS Locator: S 06° 18.913’ – E 106° 53.904’
Phone: +62 21 845 92 780
Mobile: + 62 818 795 043
November 23, 2008 at 3:16 pm
di fortuner 2006 ada P-R-N-D-3-2-L tolong jelasin dunk masing-2 fungsi dan manfaatnya.. agar bisa berkendaraan yg benar ?
November 29, 2008 at 10:07 pm
halo kang,sy pnya absolute th 95,maticnya agak bermasalah,kalo mesin blm panas tarikan lemah bngt,tp kalo udh panas kalo hbs berhenti dan mau jalan di posisi D gigi 1,mobil lompat,ga smooth,itu apanya ya yg kena..ada rujukan bengkel mana yg oke ga didaerah bekasi? nuhun pisan
Roel says:
Thanks sudah telp…..ditunggu kedatangannya…!!
December 1, 2008 at 1:17 am
Kang, mo tanya neh, mobil sy galant 94. Masalahnya pertama matic nya bunyi, seperti bearing haus, setelah itu mobil gak mau jalan. Setelah sy periksa oli ke radiator gak ngalir, kemudian saya turunkan gear box nya ternyata gear pompa oli pecah.
saya sudah ganti gear tersebut mobil bisa jalan tapi ada bunyi, lalu saya turunkan lagi gear box nya, dan tidak temukan masalah, setelah saya pasang lg, ternyata justru gak bisa jalan dan masih bunyi ketika masuk gigi (netral tdk bunyi). Akhirnya sy turunkan gear box tsb LAGI.. dan saya rakit pelan2, hasilnya bunyi hilang tp untuk maju tdk bisa (mundur bisa).
Kira2 apanya ya? sy tertarik dgn bahasan akang tentang valve body, torque converter, dan solenoid nya. Mungkinkah salah satu dari tsb diatas?
Bisa tlg jelaskan fungsi dari2 masing alat tersebut. Saya lebih suka kerjakan sendiri ketimbang ganti ex singapore, karena itu menambah pengalaman sy, namun saat ini sy hampir putus asa untuk mencari penyeb masalahnya. Kira2 berapa harga gear box galant ex singapore? Kira2 aja deh. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
December 31, 2008 at 7:24 am
Kang Diki,
Kalo kang Diki di Jakarta….gimana kalo kang Diki mampir di workshop saya……kalo diterangkan disini, wahhh bisa panjang banget kang…..hehehehe
December 4, 2008 at 11:21 am
kang arul,
mau tanya dong, apa efek sampingnya kalo kelebihan isi oli matic. kemarin pas isi diTOda lalu 2 hari sesudahnya olinya melebihin batas HOT. terima kasih sebelumnya
Roel says:
Biasanya kalo isinya berlebihan, respons matic nya jadi berkurang seperti kopling slip pada transmisi manual. Tenaga mesin yang disalurkan jadi berkurang, …
December 23, 2008 at 1:56 pm
Kang Arul yang baik,
Saya akan membeli great matic tahun 93. Keluhan apa saja yang ada untuk mobil jenis ini, kata orang mobil matic perawatannya mahal, bener gak?
Trus kiat apa yang harus dilakukan agak mobil gak mogok, karena kantanta kalo udah mogon susah karena harus diderek.
Punten nanyanya agak mendasar, maklum saya masih awam. Untuk cek pertama setelah beli…boleh saya ke Padoc?
Nuhun kang,
December 31, 2008 at 7:10 am
Kang Rizal,
Mungkin yang disebut perawatan mahal itu saat ganti oli metic nya, karena bisa sampai 5 literan. tapi jangan takut jika pake ATF yang baik life tmenya pun akan lama. Kiat mempunya mobil metic adalah menjaga accu tetap segar, pastikan oli yang digunakan baik mutunya dan isinya tidak kurang atau pun lebih. Disamping itu juga jaga agar Rem dan Brake Pads serta brake shoes dalam kondisi prima selalu….ingat metic agak susah engine braking.
Saat membeli mobil metic selain engine harus baik, cobalah test drive dan pastikan mesin dari keadaan dingin, jangan sampai terjadi meticnya enggak kerja saat mesin dingin. Dan coba juga saat akselerasi apakah perpindahan gigi halus? serta pastikan saat kick down gigi secepatnya berpindah ke yang lebih rendah.
Silakan kang kalo mau ke PadoC…nanti saya kasih tahu tips menggunakan metic
January 7, 2009 at 11:52 am
Kang Arul yang baik,
Terima kasih atas jawaban Kang Arul. Mobil sekarang sudah saya pake, Alhamdulillah kondisinya sangat baik dan mulus, KM baru 75000 (keterangan pengguna sebelumnya dan saya yakin kalo ini bukan karena KM sudah muter lagi).
Suara mesin halus, blok mesin kering, Ketika mesin dingin, maksud Akang mesin dingin langsung tancap gas? yang ini belum saya coba.
Terima kasih atas kesediaan akang, kalo senggang insya Allah nanti saya mampir ke Padoc. Nuhun pisan Kang.
January 13, 2009 at 3:28 pm
Kang Roel,
maaf mw tanya hal amatiran nii, maklum awam bnerr soal otomotif.
sy br dpt honda city 2005 vtec matic. skrg sudah sampai 50500 km. kbetulan oli jg sudah harus diganti (krn penggantian trakhir pas 45000km).
niat saya adlah ganti oli skaligus servis 50rb km. tp agak takut juga krn baca n denger dr banyak bgt pengguna Honda bahwa baik bengkel resmi atau bengkel kecil suka berbuat tidak jujur (aki/spareparts ditukar) dan yang paling ditakutkan adalah mereka bisa memperparah masalah. misalnya, keluhan adalah ABCD, namun karena pihak bengkel salah diagnosa malah merembet jadi ABCDEFGH. Apakah saran kang roel untuk prg awam spti sy ketika mengantar mbl ke bengkel untuk servis besar & ganti oli?
kebetulan br ada masalah dgn city sy. Kemarin pagi sampai siang hari mobil sy pakai tidak ada mslh, dan setelah itu (sore) a mobil di-take over oleh supir pinjaman (supir mama saya) untuk ke Bekasi-Bandara Cengkareng-Bekasi sampai malam hari.
Pagi ini, ketika saya menstarter mobil, yaitu baru memasukkan kunci saja, layar tv kecil yang berada di atas cd player mbl tiba2 lsg kluar. saya nyalakan mesin, tv itu kmudian kelaur masuk lagi. Begitu pula ketika saya matikkan mesin/mencabut kunci.
Sy sudah mematikan tv melalui tombolnya, namun ketika mesin mobil hidup/mati, tv pun ikut keluar menyembul kembali.
Hal ini aneh skali, karena sebelumnya belum pernah terjadi selama memakai mobil ini selama krg lebih 5 bulan.
Sy tdk mau menuduh supir mama sy, walaupun sebelum digunakan olehnya mobil ini tdk mengalami masalah seperti itu.
Mohon pendapat kang roel mgnai hal ini, karena sy tidak berani kemukakan ke bengkel. takut nanti disarankan ganti ini dan itu, namun masalah tidak juga beres, malahan menggangu bagian mobil lainnya dan menimbulkan lebih banyak problem lagi..dan trutama biaya lagi…..
January 13, 2009 at 3:30 pm
trima kasih utk bantuannya… maaf klo prtanyaan sy panjang ya kang..
January 14, 2009 at 7:27 pm
Kang numpang tanya kalau flush/kuras oli matic itu aman ga ya? soalnya ada temen saya yg tadinya maticnya baik2 saja jadi bermasalah setelah di flush.
Terimakasih
Roel says:
Kang Junaedi,
Maaf, maksudnya Flush itu pake cairan kuras, seperti engine flush gitu atau bukan ya?
January 16, 2009 at 11:19 am
Kang Arul, numpang naros
Matic abdi corolla 1.6 At 92. Masalahnya :
1.Saat start ada suara ngelitik keras, kalo udah panas agak berkurang ngelitiknya,kunaon nya kang?
2.Suara mesin nya ga halus, kaya mesin disel pahal bukan diesel.
3.Ketika pindah 1 ke 2 hentakan kasar, 2-3-4 ok awalnyan ,tapi ayeuna 2-3 agak susah harus lepas gas dulu
4.upami bade konseling ka akang, alamatna dimana?
5.hatur nuhun kang aroel
Roel says:
Kang Kresna,
1. Suara ngelitiknya seperti apa? Ngelitik biasanya diartikan sebagi knocking, kemugkinan yang dialami kang Kresna bukan ngelitik tetapi bunyi tek tek tek karena bunyi klep yang tandanya oli belum naik…karena setelah panas kang Kresna bilang bunyinya berkurang. Coba cek olinya apakah kurang atau tidak? dan cek juga apakah pompa olinya sudah minta adik baru…
2. Ya kemungkinan ini dari klep.
3. nah kalo ini harus di cek, apakah kabel kick downnya sudah tepat settingnya?
4. Mangga kang mampir aja ke
PadoC
Bambu Apus Raya no.33
Cipayung – Jaktim
Hp. 0818 795 043
5. Sami sami kang
January 18, 2009 at 11:27 am
kang, mobil saya SUZUKI BALENO A/T tahun 2000. Alhamdulillah gak ada masalah paling cuma mau kuras oli matic plus ganti oli maticnya. bisa dikerjain disana kang Roel? oh iya, biayanya kira2 berapa yah? trus, oli transmisi matic yang bagus itu apa yah? Terimakasih kang Roel
January 18, 2009 at 2:24 pm
Mobil saya Honda civic ferio 97 matic, awalnya transmisi maticnya gak bermasalah, saya lakukan kuras oli matic & gantinya dg yg baru (khusus honda) tetapi saat mesin digin gigi mundurnya gak bisa jalan,jd utk mundur hrs tggu bebrp menit, kira2x maslahnya apa yah?
Terima kasih
Kang Handoko,
Kemungkinan maslanya sama dengan kang Satria, untuk memastikan coba cek olinyanya tidak boleh kurang atau kelebihan.
January 19, 2009 at 10:28 am
Kang Arul,
Mobil Istri saya (toyota all new 96)transmisi matiknya bermasalah. Bila habis parkir lama, gigi mundur (R) susah masuk. Kalau sudah lama jalan, masuk giginya gampang. Kemarin diperiksa dibengkel, olinya berkurang separuh. Sudah ditambah tapi masih suka susah masuk gigi R. Apa perlu oli matiknya dikuras dan diganti baru? Atau ada kerusakan lainnya?
Terima kasih
Roel says:
Kang Satria,
Bukan hanya kang Satria saja yang mengalami hal ini, banyak rekan rekan mengalaminya juga, sayangnya maslahnya bisa bermacam macam, ada karena Plat koplingnya sudah slip, bisa juga karena solenoid yang rusak dan ada juga karena pompa oli atau valve body bermasalah.
Kuras oli dan ganti oli baru tidak akan menyelesaikan masalah kang.
January 20, 2009 at 10:04 am
Kang Arul,
Saya baru beli serena c23 96.
ada problem sama matic nya atau brlom biasa sama make matic ya..,
Sewaktu jalan saya pake D spped nya sampe lari cuma 80 km, trus di pencet OD nya ko ngga naik yaa jadi ngga ada perubahan speed.
Tapi klo dari pertama nyala mesin, OD nya di on kadang bisa langsam lari sampe ngebut , sering nya ngga bisa juga jadi seperti OD ngga fungsi.
Terima kasih sebelumnya
mohon saran dll Kang. nuhun
Roel says:
Kang Jarot,
Apa gak kebalik tuh? OD artinya Overdrive, gunanya saat cruising di jalan tol, sama kalo kita pake gigi 5 di manual. Pada transmisi matic 4 kecepatan OD on artinya transmisi bisa masuk sampai gigi 4. Seangkan jika OD off haya sampai gigi 3 saja. Makanya saat OD off tenaga mesin terasa lebih. karena dia mulai dari gigi 1 dan seterusnya pindah sampai 3. OD on akan otmatis didisable sementara, jika kita melakukan kickdown atau kita menekan pedal rem.
January 27, 2009 at 11:55 am
kang Arul saya mau tanya nih
saya punya galant V6 94 matic…belakangan ini kalo saya pindah ke D dan saya gas mobil jalan bagus,tapi perpindahan gigi berikutnya sangat cepat sekali dan terasa menghentak (dari 1 ke 2) tetapi perpindahan berikutnya halus/normal.
awalnya sy melihat ada rembesan oli di bak penampung bawah..lalu saya bawa ke bengkel resmi, dan setelah dari bengkel malah setiap kontak baru on ( blom di starter ) ada bunyi seperti relay bergetar di dalam gearbox sebanyak 4X dgn interval 2 detik,hal itu saya abaikan saja,ternyata efeknya perpindahan dari N ke D atau dari N ke R terasa menghentak…tetapi perpindahan berikutnya bagus dan normal.
karena saya merasa tidak nyaman saya klaim ke bengkel lagi dan ternyata di cek ada 2kabel yang putus dari total 4kabel yang menuju ke gearbox.
setelah disambung bunyi itu hilang/normal seperti biasa.tetapi masalah baru yang saya keluhkan diatas muncul.
yaitu jika masuk ke D dan saya gas perindahan gigi berikutnya terasa cepat dan terhentak (dari 1ke2)…tapi perpindahan berikutnya oke.
tolong analisis nya ya kang arul
thanks
February 15, 2009 at 10:02 pm
Kang mau tanya ttg matic corona..
saya baru dpt mbl corona twincam AT
maticnya bermasalah, saya sudah coba kuras manual tanpa mesin tp tidak ada perubahan..
pertanyaan saya:
– Masalah matic saya,tidak mau pindah sama sekali..jd saat ini spt easy clutch yg hrs pindah tuas utk perpindahan giginya.apakah mas pernah dpt mslh spt itu?
– Darimana kita tau klo itu memang matic bawaannya? krn pengalaman di mbl sodara dg tipe mbl Corona TC 3S-FE yang sama tp maticnya di ganti dg punya 5S-FE ex singapure mnrt si penjual maticnya sama, tp stlh dipasang maticnya sama skali tidak mau pindah kecuali tuasnya kita pindahkan.spt mslh saya diatas..
– apakah Corona TC dg Corona Absolute mempunyai matic yang sama? atau Corona Absolute sudah menggunakan ECT?
Terima Kasih
Roel says:
untuk type mesin Toyota seri S, memang transmisinya sama. Tetapi yang membedakan adalah adanya transmisi matic Hydrolic dan ECT. Corona twincam AT menggunakan system hidrolik sedangkan absolute telah menggunakan ECT.
March 24, 2009 at 7:17 am
Hello, pak roel
Infonya sangat berguna sekali.
Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan :
1. Pada innova a/t (bensin) dimana letak drain plug tersebut ?
2. Apakah aman apabila oli yang berada di dalem torque converter dan di luarnya berlainan merek ?
3. Pada innova apakah ada filter oli matiknya ?
4. Apakah tempat bapak melayani servis matik untuk luar kota ? Berhubung mobilnya di kalimantan selatan.
Di sana (kalsel), sulit sekali menemukan bengkel matik
Terima kasih sebelumnya
Roels Says:
1. Drain Plug ada dibawah, tepatnya di oil pan maticnya.
2. Sebaiknya saat mengganti oli dengan merek lain, semua oil di keluarkan terlebih dahulu.
3. Ada
4. Maaf belum bisa pak.
Terima kasih atas kunjunngan ke site saya yang sederhana ini.
March 28, 2009 at 11:17 pm
kang arul saya punya mobil accord cielo,matix masalah pertama amper km kalau lagi jln turun naek kayak di hentak2,kemudian amper kmnya mati kemudian kira2 2 menit gigi d4 berkedap kedip dan kadang2 di sertai lampu kuning mesin menyala,besoknya saya pakai lagi kadang2 begitu lagi kadang2 normal, kondisi mobil saya sekarang ini radiatornya suka panas dan oli mesin lagi ada netes apakah ada hubungannya dng kekurangan oli.dan apa masalahnya?makasih kang arul
April 1, 2009 at 9:12 am
Salam Kenal Kang Arul…
Saya punya Galant Matic 94, kenapa saat pindah ke “D” mobil gak mau jalan sendiri sedangkan di “R” mau jalan tanpa injak pedal gas,dan juga gak ada hentakan pemindahan speed, saya udah pernah ganti converter nya, tapi gak banyak berubah, tapi kadang2 maticnya mau berfungsi, setelah jalan lama kambuh lg, dan juga seperti kurang tenaga, mesin kayak tesendat sendat kalo di gas.. Tolong KAng irul saran dari pengalamanya, apa yang harus diganti.saya dah pusing ngurusin maticnya..
Tq…
April 2, 2009 at 7:38 pm
Salam kenal kang aroel..
Saya punya galant matic, kenapa maticnya tidak ada respon saat mau jalan , tidak ada hentakan pindah speed, atau harus dipinjak pedal gas dalm2 baru mau jalan, di posisi “D” tidak mau jalan sendiri, padahal di “R” mau mundur tanpa pijak pedal gas, saya sudah ganti converter tapi gak ada perubahan, dan juga mesin gak ada tarikan kalo sudah jalan jauh, sering tersendat sendat, apa ada pengaruh dari gear box nya? tolng kang informasinya, saya sangat butuh bantuan nih, dah pusing ngurusin matic nya. sekali lagi t’kasih..
April 4, 2009 at 6:05 pm
mas arul,
mobil saya kijang LGX 2000CC Matic.
Saya buta banget soal Transmisi matic.
Oli transmisi matic merk apa yang cocok ?
trima kasih.
Roel says: Untuk kijangyang dimaksud Cukup dengan ATF Dex II atau ATF Dex III, Pilih brand yang bermutu.
April 4, 2009 at 8:54 pm
Kang Arul
Mo nanya kepada masternya / suhunya matic…saya baru beli corona twincam EFI 92 kang, saat jalan gear D nya tidak pindah2 alias sudah kerasan di tempatnya hingga rpm diatas 3500 jg ga mau pindah, pas saya tanya di bengkel kuras matic, katanya gearboxnya sudah pernah diganti pake punya absolute yg electric, jadi gear D nya tdk bs pindah krn di twincam aslinya msh manual bkn electric.
Yg ingin sy tanyakan kang,apakah bisa tanpa ganti gearbox matic twincam sy bisa waras??
Mohon pencerahannya kang….Nuhun
Roel says:
Betul sekali, Corona twincam ’92 memang masih menganut matic hydrolik belum ECT. Jika hal diatas terjadi otomatis maticnya gak jalan. yang harus dilakukan ya seperti menggunakan mobil manual, harus pindahin gigi dari satu dulu sampai D. Jika tidak mau ganti gearbox lagi tentunya harus ganti ECU untuk bawaan matic yang sekarang yaitu pake ECU maticnya absolute, tentunya dengan modifikasi dibeberapa hal seperti ganti Throttle body plus ISCV, begitu juga ganti pengapian, karena CDI nya berbeda……Ribet ya….!!
April 14, 2009 at 12:46 pm
Saya baru beli mobil matic maestro th 92.
Mau tanya kendala mobil matic apa saja? trus perawatan rutin apa yang saya lakukan untuk mobil matic? kira 2 klo transmisi matic rusak besar biaya’n brp? soalnya saya bru pertama punya mobil matic…denger2 kata org2 perawtan mbil matic agak ribet dari mobil manual udh itu mahal? trus Gmn antisipasi agar matic tetap awet…? Thank U
April 22, 2009 at 10:36 am
Pak.. Mobil saya Opel Omega V6 3000 CC 2001, masalahnya : ketika enak2 drive tiba – tiba tenaga gembos ( 10 detik lah ) kemudian normal lagi.. tapi sering banget seperti itu.. apa ya masalahnya ??? kalo bisa jawabannya juga ke email pa ya.. makasih
May 17, 2009 at 9:46 pm
Alo kang…
sy baru beli nissan genesis matic 91, masalah nya adalah klo di tol mau ke gigi 4 harus sampe rpm 4500 baru bisa pindah ke gigi 4 dan klo mau 100 km/jam harus di rpm 5000, normalnya brp rmp nya klo kecepatan 100 km/jam, sy belum pernah kuras oli matic nya, pernah nambah 1 ltr. kira2 sy harus gmn ya kang ???
ada ga yah yg jual packing karter nya, soalnya ada oli rembes di karternya ???
nuhun ah ….
May 18, 2009 at 4:12 pm
Mas arul,
saya baru beli landcruiser LC80 matic dan ada rencana kuras maticnya. Karena LC saya taun 1999 kayaknya kuras matic yang cara kedua lebih bagus ya ?
Kadang-kadang dari gigi dua ketiga agak panjang dan lama tapi kadang seperti biasa perpindahan giginya. Apa ini karakteristik atau emang sudah waktunya maintenance ?
Gimana menurut mas arul ? dan kalo mau dikuras pake cara kedua apa yang disiapkan ?
Pake oli ATF Pertamina problem gak ?
May 25, 2009 at 9:40 am
Kang Arul,
Nanya lagi. Mobil istri saya corolla all new’96, ada rembesan oli ATF di gearbox matic sebelah kiri (agak di tengah) sebelum sambungan ke as roda. Apakah harus turun gearbox untuk memperbaiki kebocoran? Kira2 berapa lama kalau harus turun gearbox?
Terima kasih banyak
Roel says:
Jika bocornya ada di seal input shaft, terpaksa harus turun gearbox, penanganan turun gearbox biasanya memakan waktu cukup lama, biasanya bisa setengah harian.
June 11, 2009 at 8:21 pm
Mas arul kok jarang on line nih. ….
Saya ada problem mas, mobil saya toyota landcruiser seri 80 HDJ turbo diesel.
Problemnya lampu O/D di dashboard nyala mati (dalam kondisi O/D on)dalam rhytme yang tdk stabil seperti koneksi listrik yang gak sempurna.
Logikanya berakibat gear akan turun naik dari 3 ke 4 dan sebaliknya.
Apa yang terjadi ya ? dan bagaimana cara mengatasinya ?
Adhi
July 21, 2009 at 3:24 pm
Punten Kang..
mo tanya – tanya.. insyallah mo mampir jg..
saya baru beli T.Cressida Matic saya pindah giginy lama, kadang harus d pancing k posisi 2 dulu baru bs naik giginy padahal RPM sudah 3200-3500, trus pada Gigi 4, terdengar bunyi dengung..
kira – kira masalahny apa?? & biaya perbaikanny berapa? bisa tidak di selesaikan dengan cara hanya dkuras..
Tks.. pencerahannya..
BTW Minggu workshop buka tidak? maklum kang sabtu kita masih kerja.
July 24, 2009 at 2:49 am
Kang, numpang tanya nih.
Tadi malem soluna matic saya pas lampu merah, transmisi dari d mo ke n tiba2 keras ( kaya ngelawan gitu deh ) trus dipaksain ke n, dia balik lg ke d,
udah di coba berapa kali gitu jg, power & ganti gigi sih normal ga ada loss apapun.
Pas ampe rumah dipaksain ke r trus ke P ( pas p ada bunyi tak sedikit )
Nah anehnya abis itu normal semua transmisinya dr p ke d kaga keras lg.
Kenapa tuh kang ? oli transmisi baru jalan 7ooo km.
Tolong di bantu
Thanks
Daniel
August 1, 2009 at 2:28 am
Kang Arul,
bade naros, saya baru ambil hyundai elantra Matic’95 m/c mitshubisi dan gan 2.0. skrg punya masalah:
oli transmisinya bocor terus plus ada suara ttrrrrr…kl perseneling di posisi D, L, 2. Padahal dah 3 kali naik-turun ganti seal karter. terus pernah tanya sama temen katanya harus skalian ganti bush shaft transmisinya, abdi tos cari kmana2 tp ga ada yg jual bushnya aja (hrs satu set sama shaftnya), ada yg nyaranin u/ bikin ke bengkel bubut, tp montir blg bush itu cuma u/ ngiket shaft-gear supaya tdk goyang, ga b’pengaruh dgn kbocoran oli. abdi tos cape kang, soalna awam pisan ka matic.
Upami akang aya waktu disabtu/minggu, abdi bade mampir ka akang.
hatur nuhun pisan kang
August 7, 2009 at 8:27 am
maaf mas mo tanya,,mobil saya cielo 94,,baru2 ini lagi ribet masalah transmisi auto nya,,ada rekomend oli yg cocok buat mobil cielo selain bawaan honda?? thanks
August 25, 2009 at 12:21 pm
kang arul
saya mau tanya kalo packing CVB ada yg jual lembaran tdk ya ?
August 28, 2009 at 9:43 am
Numpang nanya kang,
Saya menggunakan mobil kijang diesel thn 2000 dulunya juga modifikasi dari jkt, sekarang maticnya sering bermasalah, saya pingin ganti, kira kira sulit ngak ya kalo ganti sendiri, soalnya saya di Sulawesi.
Kebetulan abis Lebaran saya mau ke jkt, Kang Arul jual ngak matic untuk kijang diesel thn 2000 ini ?
Terima kasih atas bantuannya
August 31, 2009 at 10:31 pm
Punten Kang please tolong!!!
Mobil saya peugeot 405 xu9 matic, ketika tuas ke D kadang jalan, kadang ga mau jalan tu mobil. saya udah coba kuras sampai saya buka mangkok oli transmisinya. terus saya lihat di mangkoknya banyak geram2 logam & serpihan spt paking. kira2 apa ada part yg harus diganti? kira2 bagian apanya ya?
September 4, 2009 at 12:03 pm
Kang, nyari matic geluntungan serena 96 C23 dimana ya? udah mulai payah nih kalo pagi atau kalu dah lama mesin mati, masuk D gak maju2….pls help, tks berat
September 12, 2009 at 11:22 am
salam Kang arul…
sy punya mobil corona absolut matic
dah 2 minggu ini klu star pertama mau mundur agak lama lamanya kira2 1/2jam bgt.tp klu dah jalan agak lama & jauh itu br berfungsi gigi R nya.tapi skrang sy dapet pelajari seandainya perpindahan gigi yg D 1,2,3 itu sdh normal tanpa hentakan keras baru mundur bis digunakan. sudah 2x bongkar tp orang blang selenoidnya dan valve hrs ganti.
memang di Kampung sy ini Gorontalo blum ada bengkel utk matic.
sy berharap dapet dr kang arul solusinya utk smentara.
September 14, 2009 at 3:56 pm
Maaf Mas, mau tanya, Mobil saya New City iDSi 2003 AT, kadang kadang kalau pada saat berhenti (D) bunyi tek tek tek gitu. Saya kira lahar AC, setelah diganti , ternyata bunyinya masih ada.. Kenapa yachh.. bunyinya sich kadang kadang saja dan khususnya saat pemakaian AC. Kata orang bengkel bervariasi, ada yang harus turun transmisi dan ada juga yang bilang cukup kuras matiknya saja, boleh sarannya mas ASAP.
September 24, 2009 at 4:25 pm
bos,
saya mau tanya, kenapa matik galant v6 saya panas dan suka slip, padahal oli sudah di kuras apa mungkin kopling habis mohon petunjuk
trims
October 13, 2009 at 11:36 am
kang. saya mau tanya kapan oli transmisi matic diganti (apa indikatornya) untuk mobil honda city Z 2000, karena saya benar benar buta mengenai transmisi matic.
Nuhun
October 27, 2009 at 8:46 am
mas mau nanya,
saya mau ganti gearbox matik mitsubishi gallant v6 thn 95 saya dengan manual karna gearbox nya sudah rusak , boleh minta info dimana, n harga nya brapa untuk mendapatkan set gearbox manualnya.
thanks for d info
grds
kedy
November 12, 2009 at 10:53 pm
Salam kenal. Mercy sy c200 matic th 95, kalo pindah gigi dari gigi 1 sampe 4 pindahnya ngejentak. Setiap tuas perseneleng dipindah dari R ke N ke D ataupun sebaliknya berbunyi cling-cling seperti besi beradu karena ikatannya sdh kendor. Mobil sy kenapa ya begitu. Sy tgl di daerah fatmawati jaksel. Mohon diemail ke email sy referensi bengkel. Thx.
December 8, 2009 at 6:49 am
kang saya mau nanya,
mobil saya gallant 95 matic, barusan di ganti gearbox x singapur and sudah diisi oli sesuai takaran, n saya sudah pake skarang tapi blum bisa masuk gigi rendah, kalo saya masukin ke L or 2 tarikannya sama dengan D,,,apa mungkin oli maticnya blum jalan ke bagian gigi2x rendah ?
thanks lot’
December 15, 2009 at 5:26 pm
Dear Kang Arul
Mau tanya kenapa saat mesin posisi panas, ac dlm keadaan ON dan perseneling masuk dalam pasisi D4 mobil agak bergetar saat mbl itu berenti di lampu merah jadi terasa tidak nyaman. apakah itu di karenakan oli matic nya harus di ganti?
terima kasih
December 18, 2009 at 4:17 am
Punten,
Mohon info dikit tentang transmisi matic Suzuki EVERY, karena Built Up saya gak punya spek dan perawatannya misal berapa KM penggantian dan parts apa ato oil apa yang disarankan.
Nuhun…
December 27, 2009 at 10:22 am
ada gambar mesin hyundai elantra 96 metik keseluruhan berikut selang-selang sambung keseluruhan
January 2, 2010 at 7:21 am
Mohon Tanya Pak, honda jazz idsi matic 04 waktu jalan getar, sy ganti oli gearbox merk eneos 3.5lt masih getar juga napa ya? Km waktu ganti 82000 trims pak
January 2, 2010 at 7:40 am
Nyambung pakn kalau timing belt kapan perlu cek ya. Sy beli mbl second. Trims
January 2, 2010 at 7:46 am
Tuk jazz idsi 04 km 82000 perlu cek timing belt ga. Trims
January 17, 2010 at 12:29 am
Mhn maaf sy pake C180 2001…sy mau tanya kenapa setiap perpindahan gigi 1,2 s\d 3 hentakannya agak keras, tetapi utk gigi selanjutnya tidak
Mhn penjelasannya kang hatur nuhun…
January 21, 2010 at 1:30 pm
Maaf kang…mo nanya, sy bru beli maestro’93 matic,untuk oli transmisi pakai apa?(murah meriah tp awet)…n kira2 untuk perawatan mobilnya sendiri butuh biaya yg mahal…????
tk’s
EAN
January 21, 2010 at 1:50 pm
Mau nimbrung nih kang. Saya punya Honda City Matik 2005 VTec, kalo jalan pertama kali suka ‘deredeg’. Setelah kenceng hilang suaranya. Seringkali mengganggu kalo kondisi macet atau pas parkir di mall dg tanjakan yg tinggi. Apa masalahnya di body valve matik-nya ya? Tks atas sarannya.
February 17, 2010 at 6:04 pm
Mas.. Mobil saya toyota landcruieser 2009 diesel ( V8 ), sy mau tanya.. cara ganti oli matic nya gimana? Trus kalo pake oli mesin toyota yg beredar di pasaran gimana?
February 18, 2010 at 3:52 pm
Punten Kang Arul…
Mobil saya Maestro 91… Kalau jalan kadang-kadang giginya tidak mau pindah ke gigi tinggi… Jadinya di tol untuk kecepatan 60 km harus dengan rpm tinggi. Tapi kalau sdh berhenti… kadang-2 normal lagi. Saya selalu cek oli dan ganti rutin… cuma belum pernah dikuras…. Apakah itu penyebabnya sehingga agak macet?
Hatur nuhun kang…
March 4, 2010 at 6:37 pm
kang arul,
mau nanya ttng kerusakan2 yg sring trjdi pda honda stream matik.misalnya mobil itu baru bongkar mesin,setelah dcoba mobil tu bsa jalan sekitar 2km,trus tenaganya hilang dan gax bisa jalan.tlng donk kasih solusinya!!!
March 7, 2010 at 4:14 pm
Saya baru beli chevrolet optra 2005,AT. ternyata setelah saya pake beberapa hari saat tranmisi masuk ke D” ada guncangangan yg sangat keras, setelah saya cek ke bengkel resmi chevy ada sensor aotput tidak berpungsi bahkan menurut mekanik gigi yg di pergunakan hanya posisi 4 ( pantes saja saat tanjakan tidak punya tenaga), hingga spedometer pun tidak pungsi. akhirnya saya putus kan untuk mengganti nya, setelah saya ganti di cek mengunakan komputer saat masuk ke D posisi pada gigi 1, tapi setelah jalan mau pindah gigi ke 2 loncat dan balik lagi 1, menurut mekanik valve body rusak ( itu mahal sekali)apa ada solusi untuk perbaiki valve body nya, mohon informasi nya. Terima kasih.
March 7, 2010 at 5:58 pm
Selamat Sore Mas,
Mobil saya Hyundai Elantra/Bimantara Nenggala 1997 Matic. Oli transmisi Bocor,sudah turun 1/2 kopling buat ganti bushing ,seal (1Set) tetapi dicoba Oli Transmisi masi netes,,,Udah dicheck pompa Olinya Ok. Dan Lagi pada speed km 60 mobil tidak bisa speed naik lagi…klo dipaksain gas mobil tidak lari…dengung aja.
Problem apa yg kena pada mobil saya ini,dan Solusi terbaiknya gimana ya Mas?
Udah 1 Minggu dibengkel blm bisa ada solusi.
Terima Kasih.
April 20, 2010 at 7:39 am
Mantaaaab…jd ngerti banyak…tq yaa
May 5, 2010 at 11:34 am
kang.. tanya kan.. kalau ada bunyi tek..tek..tek.. pd mesin saat di hidupkan, itu kenapa ya kang? posisi mobil sedang dipanaskan. apakah itu maticnya? apa obatnya ya kan? terima kasih
June 29, 2010 at 9:33 am
Mas Aroel yth,
Sy punya kijang LGX diesel turbo Matic th 2001, masalahnya baru2 ini tiba2 ketika akan start awal (gigi 1st) mobil maju namun pd rpm 1500 kok agak bergetar dan pindah ke gigi 2nya agak lambat (+/-) rpm 1900, pdhal mesin diesel kan rpmnya pendek (max 4000 saja) tdk spt mobil bensin. Selanjutnya setelah gigi 2 dst getaran hilang atau normal saja.
Mohon analisanya apa ya mas, dan sebelumnya sy ucapkan terimakasih.
July 8, 2010 at 3:30 pm
Mohon maaf kang, Mobil saya isuzu panther 2001 matic, kadang-kadang posisi D tidak mau otomatis maju atau R tidak mau otomatis mundur. Apa Masalahnya ?? apa ada informasi bengkel transmisi matic di Bandung ?? terima kasih
July 9, 2010 at 12:08 am
Assalamualaikukum pak Arul…
salam kenal..
saya pake mobil toyota crown 3.0 matic tahun 2007..yang saya mau tanyakan oli mesin dan oli transmisi apa yang paling cocok untuk mobil ini?
awalnya oli mesin pake shell trus saya ganti dengan fastron sintetik,sebelum ganti oli mesin saya pakai engine flush terlebih dahulu tapi saya ngerasanya tarikannnya malah jadi berat dan mesin lebih cepat panas dan agak2 brebet walunpun cuma sedikit..mohon pencerahan Pak…trimakasih
July 9, 2010 at 12:12 am
assalamualaikukum pak Arul…
salam kenal..(Maaf Pak pertanyaan saya yang sebelumnya salah tahun kendaraan)..
saya pake mobil toyota crown 3.0 matic tahun 1997..yang saya mau tanyakan oli mesin dan oli transmisi apa yang paling cocok untuk mobil ini?
awalnya oli mesin pake shell trus saya ganti dengan fastron sintetik,sebelum ganti oli mesin saya pakai engine flush terlebih dahulu tapi saya ngerasanya tarikannnya malah jadi berat dan mesin lebih cepat panas dan agak2 brebet walunpun cuma sedikit..mohon pencerahan Pak…trimakasih
July 12, 2010 at 1:27 pm
kang nanya…
apa bener klo dtanjakan biasa di posisi L/S mbl bisa bergerak naik perlahan minimal diam d tmpt?oh ia mbl sy fit’04 1.3cc
mohon pencerahan,thx…
July 17, 2010 at 10:01 pm
heri says:
mau tanya ni kang…, mobil saya honda civic 1988. pada saat start di posisi D, perpindahan dari gigi 1 ke gigi 2, sangat susah baru bisa pindah di RPM 3000-3500, apalagi bila mesin dalam keadaan dingin. tapi dari gigi2-3-4 normal. sudah pernah dikuras, masuk oli baru (7liter)tetap tidak menyelesaikan masalah. kira2 masalahnya apa dan berapa biaya perbaikan
August 4, 2010 at 12:52 pm
mas mau nanya kalo oli transmisi ada yg netes tapi sy sudah kesuzuki onkos bongkar 600 rb, katanya cuma seal nya diganti… tapi waktunya juga 3 hari.. apa ada alternatif lain dibengkel mana yg lebih cepat dan murah ..
August 22, 2010 at 3:47 am
ass mas Arul, mbl saya kjang matic 2001,saya pngen ganti manual tranmisi di mana kira2 jual ex sipore dan yg cocok untk kjng type mbl apa?juga oli matic bisa ga saya ganti oli hydraulic remote yg kekentalanya di bawah oli stering gear,sebenarnya berapa volume oli matic kjng LGX 2001 kalau bnr2 dikuras habis,karna prnah bau gosong pas saya bawa tanjakan?kira2 apanya ya mas Arul…thanks
August 27, 2010 at 2:18 pm
Kang Roel,
Mobil kijang matic SGX 97 saya jika untuk menanjak sedikit saja, misalnya di tanjakan tol ke Bandung, tenaganya ga ada, mesinnya doang yang menderu. Untuk jalan normal sih bisas2 saja, cuma tenaga terasa kurang. Kira-kira apanya yang mesti di ganti Kang ?.
Nuhun ya…
September 8, 2010 at 9:32 am
Siang Mas,
mobil saya toyota scruise matic 1995,, baru2 ini setiap pagi bunyi di dekat mesinnya kuat sekali seperti ada baut yang lepas dan besi beradu..namun jika mesin sudah panas bunyinya mulai mengecil. jika berjalan tidak ada sentakan saat pertukaran gigi. kira2 bunyi tersebut disebabkan oleh apa ya mas? thanks
September 9, 2010 at 11:22 am
Kang mau nanya ,saya pake biem 528 AT,ada lampu indikator yg gambarnya bunder bergerigi ada tanda serunya hidup mati,tx
September 27, 2010 at 11:23 am
Saya Ada matis KIA Shuma 2000 pak,, kondisi mobil saya skarang ketika berada di posisi ( D ) perpindahan gigi terkadang diikuti dengan hentakan… tambahan lagi pak, apabila berada di gigi 2 dengan kecepatan sedang dan selanjutnya melepaskan pedal gas.. juga terasa ada hentakan.. saya harp ada konpirmasi dari bapak melalui blog ini atau email saya..
best regard..
bhima – Parepare sul-sel
October 2, 2010 at 1:59 pm
salam kang
saya nyari kampas kopling matic buat lancer gti 95, barangkali akang tau
terimakasih
October 5, 2010 at 1:39 pm
maaf Mas, mo nanya, mobil saya Nissan sunny 1999 otomatic, ada masalah di otomaticnya, ndak bisa perseneling 1 & 2, slalu di 3, walaupun tuasnya dah saya tarok di 1 atau 2.
Mohon pencerahannya Mas, dan maaf kalo ndak pada tempatnya
October 7, 2010 at 7:02 pm
kang, ganggu wktuny yah, klw great corolla ’95 matik d ganti k manual kan bs. sedangkan klw unk tuas pernelingnya d solo g ad yg jual, tw g alamatnya d bandung!!
October 19, 2010 at 11:11 am
Mas arul, sy br beli great corolla 94 matic, beberapa hari yg lalu saya liat ada oli netes, kemungkinan oli bak perseneling, apa akibatnya dan bagaimana solusinya, «̶ː̖́[м̲̅α̲̅k̲̅α̲̅ş̲̅i̲̅н̲̅]ː̗̀»̶…
October 20, 2010 at 10:36 am
Kalau menurut saya lebih baik dengan menggunakan ATF Changer yang dapat dilakukan di bengkel – bengkel besar yang telah memiliki alat tersebut. Karena prosesnya lebih praktis dan cepat.
October 21, 2010 at 12:25 pm
kang….
mau tanya,mobil saya corona absolute 95 matic 2000cc, kadang2 kalo lagi jalan ,tanda O/D yg di dashboard nyala kedap kedip..kalo sdh gitu tenaga langsung droooopp spt sdg ngendong gajah (hehehe)….tapi kalo tidak kedap – kedip tenaga nya beda beda tipis dgn lexus..hehehe…yang mau saya tanyakan adalah, apakah penyakitnya kang? apakah karena sensor O/D nya bermasalah atau bagaimana ya kang? gejala ini timbul setelah habis dikuras di TODA radio Dalam…
mohon pencerahannnya ya kang….nuhun
October 28, 2010 at 10:50 pm
kang ak mo nanya klo matiknya pnya galant v6 lele bs gk ak turunin sendiri?…apa aj yg perlu diperhatikan klo sbg beginer?…tq advisnya sblumnya…
November 1, 2010 at 9:26 am
Nanya dong bos,
Saya baru beli Altis Type G matic thn 2002
lampu OD nya kalo ga aktif ada tulisan O/D off di dashboard, tapi kalo diaktifkan tnyala. Apa memang seperti itu ya. Kalo mau nguras oli matic bisa ga di workshop Bapak, dan berapa lama and brp biayanya gt. Mohon infonya.
Thanks.
November 11, 2010 at 2:38 pm
kang roels, mau nanya
mobil saya nissan genesis AT
setelah kuras oli maticnya (pake shell D3)kenapa ya sekarang suka ada gejala gini:
kalo udah jalan lama dan macet2an (posisi tuas di D) sesekali (jarang banget) setelah berhenti, seperti yg gigi gak masuk terus setelah di gas (karena mobil gak jalan kan) sampe rpm 2500-3000 itu gigi masuk lagi dan mobil jalan seperti biasanya
apa karena plat koplingnya auskah?
apa karena valve bodynya kotor?
apa karena jenis oli tidak tepat?
atau apa ya?
Note: perpindahan gigi masih terasa sangat halus untuk usia mobil tua dan akselerasi masih ok banget, gigi 2 aja pernah sampe 110 km/jam, rpm normal, mesin halus dan gak ngebul, hasil uji emisi masih sangat baik
thx atas pencerahannya
December 11, 2010 at 11:17 pm
Permisi kang,numpang tanya
Mobil saya jazz matik 2007
waktu mobil di gas secara spontan koq ada bunyi ngejeduk yah kang?tapi kalo gak di gas spontan mah ga ada apa2,normal aja gitu…
terimakasih sebelumnya
December 24, 2010 at 4:15 pm
kang
saya lagi menangani ambulance matic import nissan caravan jepang.masalahnya kalau jalan dan udah mau masuk gigi 3 sepertinya koplimgnya slip.Kira kira apanya ya?.
January 6, 2011 at 9:30 pm
kang arul,
mo tanya, mobil sy mazda interplay matic thn 91, pada saat mesin dah panas perseneling di posisi D gak mau narik padah rpm 4000, harus matiin mesin baru mau jalan, kira2 apanya yg bermasalah?? mohon bantuan infonya kang !!!
February 23, 2011 at 5:01 am
numpang lewat bang…..mau tanya ne.volume oli tranmisi metik hyundai elantra
March 4, 2011 at 4:00 pm
Kang Arul,
Mo numpang nanya,nih.
Mobil saya Toyota Kijang LGX 2000CC,tahun 2002.Transmisi maticnya sedikit bermasalah dimana untuk perpindahan dari gigi 1 ke gigi 2-nya agak menyentak,sedangkan perpindahan gigi yang lain cukup halus.Kenapa ya,Kang ?
Mohon pencerahannya,Kang.
Salam kenal dari saya.Terima kasih…
March 14, 2011 at 3:24 pm
Mas2 saya mau tanya gmn cara’nya memperbaiki V6 matic..???dari tranmisi sma matic’nya… dlu ngk bsa jalan maju sma mundur skrng sudah bsa tpi perpindahan’nya kurang mulus.. trus terkadang di spido’nya lampu riset sering nyalah (warna kuning)… tolong solusi’nya… Sebelum’nya saya ucapkan terima kasih banyak…
April 19, 2011 at 5:05 pm
Kang Arul,
Apa akibatnya jika dalam pengisian olie matic kebanyakan? apakah ada pengaruh ke transmisinya?
June 13, 2011 at 11:26 am
Kang Arul,
di Jakartanya dmn?….saya mau mampir di workshop nya……pengen konsultasi tentang mobil sy galant 94. Masalahnya pertama matic…..butuh pencerahan nya kang..saya di sukapura belakang klp gading jakarta utara.
June 28, 2011 at 8:04 am
kang, dimana saya bisa perbaiki matic saya dengan harga yang murah tetapi bagus, krn mobil matic saya agak bocor olinya, trus harus diapakan dengan harga berapa saya harus kluar biayanya??
mobil saya honda maestro tahun 90..
tlg dong selain itu saya mau merawat mobil baik mesin maupun dengan harga terjangkau, dimanakah saya dapat memperolehnya??
maaf kalau pertanyaan saya banyak melencengnya…
trimss….
July 24, 2011 at 9:44 pm
Bang mau nanya nih about matic
saya punya maestro matic th 90 bermasalah pada transmisinya…jika kondisi panas kayak selip tidak mau lari padahal rpm sudah tinggi, apa yang harus saya lakukan??padahal sudah sy overhoul, kata org bengkel masih masuk angin, apa benar itu bang??mohon pencerahan.
hatur nuhun…
September 26, 2011 at 9:47 pm
Assalam kang.mau tanya kang kalo trans galant vr th94 di pasang ke mesin galant v6 th 94 bisa gak kang
October 19, 2011 at 4:43 pm
kang iroel.
mohon pencerahan,..mobil saya great corolla 95, matic hanya mau jalan kalau mesin panas…pagi hari mesti panasi mesin lama…atau habis berhenti 2 jam juga harus panasin dulu…saran akang,..apakah masih bisa diperbaiki atau sebaiknya ganti ex-singapura gelondongan ??…kalau ganti ,..dimana bisa beli..kira2 harga berapa…posisi saya di Denpasar Bali,..belum ada bengkel matic..disini..
terimakasih
Kelik S
October 20, 2011 at 2:58 pm
Bos di jogja gaimana efek kalau genio matic diubah jadi manual ? dan bagaimana dalam urusan surat-suratnya ?
October 22, 2011 at 10:05 pm
Mas mau tanya, mobil saya Toyota Corona Absolut 95 dan baru diganti maticnya dan setelah diganti dari bengkel dan saya coba tetapi saya masuk ke D dan R sedikit agak keras membentak, yang saya mau tanya apakah matic baru di toyota corona itu begitu agak keras membentak dan kalau tidak, apa solusinya, mas…? Orang bengkel yang memasang matic mobil saya bilang, “memang begitu kalau diganti baru untuk mobil toyota corona itu, sedikit kurang halus dan membentak, apakah benar yang dikatakan orang bengkel tsb…? . Mohon konfirmasinya mas…!