Banyak pengguna Innova mengeluhkan lambatnya respon pedal gas terhadap akselerasi mobilnya. Bagi orang yang biasa menggunakan konvensional throttle yang masih menggunakan kabel gas tentunya hal ini sangat mengganggu.

Disini saya hanya ingin sharing kenapa hal itu terjadi di Innova yang telah menganut system Throttle by wire. Gambar dibawah ini adalah gambar wiring diagram yang diambil dari Toyota Innova repair manual yang saya modifikasi sedikit untuk mendapatkan gambaran yang simple tentang Throttle by wire ini.

 

Innova-TPS circuit

Dari diagram diatas bisa di lihat bahwa Accelerator Posisition Sensor (APS) yaitu sensor yang berada di pedal gas tidak langsung berhubungan dengan Throttle Posisition Sensor (TPS), tetapi berhubungan langsung dengan Engine Control Unit (ECU).

 

Begitu juga TPS dimana pada diagram diatas disebut sebagai Throttle Body Assy karena merupakan satu kesatuan modul yang beisikan Throttle body, servo motor dan TPS.

Saat pedal gas diinjak, maka ECU akan mendeteksi berapa dalam injakan itu dan ECU segera mengolahnya dan mengeluarkan output sebagai perintah pada motor servo untuk berputar untuk menggerakan membuka throttle. TPS yang ada didalamya turut berputar juga dan mengeluarkan output sebagai input ECU untuk mendeteksi kesesuaian tekanan pedal gas dan bukaan throttle.

Dengan melihat cara kerja diatas jelaslah bahwa dengan Trottle by wire ini kinerja mesin tidak akan seresponsif dibandingkan dengan yang konvensional.

Untuk mengantisipasi hal ini, ada beberapa produk after market yang dijual yang mengklaim bisa menaikan responsifitas dari system throttle bya wire ini. Namun demikian tidak akan dibahas dalam artikel ini.

Semoga tulisan ini bisa berguna bagi yang ingin mengetahuinya.

—Dilarang mengambil, mengutip sebagian atau seluruh isi situs ini tanpa izin penulis—