Kerja VVT atau variable Valve Timing pada toyota VVTi merupakan bagian penting dalam hal performance mesin. Karena itu ada baiknya kita pun selalu menjaga agar kerja VVT tetap baik.
VVT ini diaktifkan oleh Oil Control Valve atau disebut juga OCV, oli yang masuk ke dalam system VVT ini sebelumnya difilter terlebih dahulu oleh Filter OCV. Jika filter ini kotor atau tersumbat bisa jadi tekanan untuk memajukan dan memundurkan timing camshaft pun terganggu.
Nah sebagai kelanjutan dari keluhan teman pengguna Vios sebelumnya, lihat
akhirnya diputuskan untuk mengecek Filter OCV nya.letak filter nya agak tersembunyi karena terhalang oleh Alternator. Oleh karena itu Alternator harus dilepas terlebih dahulu. Pada gambar dibawah ini terlihat letak Filter OCV (tanda panah)
Setelah dilepas ternyata Filter OCV nya memang sudah tertutup kotoran yang kemungkinan lolos dari filter oli mesinnya.
Membersihkannya juga mudah dengan bantuan bensin dan carburetor cleaner si filter ini kembali bersih dan siap dipasang kembali.
Alhamdulillah setelah kedua macam filter baik filter OCV dan filter bensinnya bersih, teman bilang performa Viosnya kembali prima.
Sekedar saran, untuk pengguna mobil dengan system VVTi (atau sejenisnya), selalu gunakan Oli yang bermutu dan tidak menimbulkan kerak untuk jangka panjang, selalu juga mengganti Filter Oli yang sesuai spec pabrikan.
Tulisan ini hanya info sebagai pengetahuan saja, penulis tidak bertanggung jawab atas resiko yang terjadi dengan mengikuti tulisan ini. Gunakan special tools dalam menangani kasus ini untuk untuk menghindari kerusakan, sebaiknya “don’t do this @ home” dan disarankan dilakukan oleh orang yang telah berpengalaman.
—Dilarang mengambil, mengutip sebagian atau seluruh isi situs ini tanpa izin penulis—
October 22, 2008 at 7:40 am
kang,
klo si ipah letak filter ocv-nya dimana ya ?
Roel says:
Sama kang, di cyl head tepatnya seperti Vios juga kok.
October 22, 2008 at 2:31 pm
yah…berarti harus lepas alternator dunk….
nasib-nasib….
Roel says:
Yup betul kang, tapi jangan lupa lepas dulu Belt nya ya…..xixixixixi
October 23, 2008 at 2:04 pm
kang,
untuk ipah di cld head dekat tabung reserve minyak ps ada lubang yg ada baut nya.
apa bukan itu ya letak filter ocv nya
Roel says:
Iya betul sekali kang
October 27, 2008 at 6:12 am
Alhamdulillah…
berarti gak usah buka alternator ya kang…
Terus cara bukanya gimana ya Kang ?
October 29, 2008 at 7:12 pm
sekalian deh kang, bikin tutornya deh biar gak nanggung
xixixixi…..
November 6, 2008 at 3:24 pm
kang untuk vios caranya memang harus buka alternator??
waduh… berat juga yah?? gak ada cara laen?? digeser gitu alternatornya..kan ada setelannya..
mo tanya juga ampere alternator standard vios berapa amp yah??
thanks kang
March 28, 2009 at 1:31 pm
kang…seberapa ngefek pembersihan filter ini kang???
Situs ini bagus banget kang, kapan nih diulas cara mbersihin filter AC Vios.
Matur Nuwun Kang
Roel says: Efeknya cukup significant dan terimakasih atas pujiannya, just sharing pengalaman, semoga berguna.
June 22, 2009 at 1:21 pm
Mo nanya kang, kalo OCV itu kan ada 2 kabel. 2 kabel itu kalo bagus keluar tegangan piro ya kang?
Jadi sebelum dibongkar kita siapin dl OCV baru klo emang dah rusak gitu…
Matur nuwun
June 30, 2009 at 1:33 pm
Kang Aroel,
tissue nya berapa jika dilakukan di padoc…..
sekalian dengan ganti filter oli yang di bawah jok belakangnya.
Thanks
October 20, 2009 at 9:21 am
Kang Aroel mo tanya…
Saya lagi nyari Coil Ignition VIOS beli dimana yah diJakarta?
Thanks B4
Wawan
08111892494
(tolong SMS ya)
November 26, 2009 at 11:22 am
Ass, Kang
Mobil saya toyota limo ex taxi BB yg mau saya tanyakan :
1. mesin atau sparepart toyota vios dengan toyota limo sama apa nggak sih?
2. kemarin saya saya pakai mobil diatas 40 km/jam lancar-lancar aja tp tiba-tiba saya bawa 0-20 km/jam jadi ndut-ndutan spt gak kuat, kaya orang baru belajar naik mobil. kira-kira kenapa ya kang?