Cara Membersihkan HLA
Artikel ini pernah saya posting di beberapa milist otomotif, namun demikian ada baiknya saya tulis kembali disini agar rekan-rekan yang belum tahu bisa juga membacanya kembali.
Pada kendaraan yang mempergunakan HLA, biasanya masalahnya adalah bunyi berisik saat HLA kotor yang menyebabkan kerjanya tidak baik lagi. Sebagai ilustrasi, saya berikan contoh HLA pada Mitsubishi. Namun demikian semua cara yang dilakukan sama saja untuk HLA pada kendaraan lain.
Jika keadaan Cyl head sudah seperti ini,
Sudah pasti HLA pun penuh dengan kerak oli
Bleeding saja tidaklah cukup walaupun di lakukan dengan benar sesuai buku manual, ini dikarenakan kotoran-kotoran oli yang terbentuk sebelumnya baik itu didalam saluran oli maupun didalam HLA sendiri belum tuntas bersihnya.
Oleh karena itu ada baiknya sesekali melakukan pembersihan terhadap HLA,caranya tentunya dengan elepas kan HLA dari tempatnya seperti foto diatas, kemudian melepaskan satu persatu part yang ada dalam HLA
menjadi bagian bagian kecil seperti terlihat di bawah ini.
Terlihat dari kiri ke kanan adalah Crimp connector, adjusting piston,check valve body, return spring, lifter housing.
Bersihkanlah masing masing bagian tersebut dengan menggunakan DCS atau sejenisnya, lakukanlah dengan seksama sehingga kotoran yang melekat lepas semuanya, lalu diamkan sekitar 15 s/d 20 menitan agar pembersih kerak bekerja efektif. Gunakan kuas kecil atau cotton bud untuk membersihkan kerak jangan pergunakan sikat kawat. Perhatikan pada setiap part HLA, usahakan membersihkan sampai sedetail-detail nya,termasuk juga check ball yang terdapat pada check valve body, jangan sampai ada kotoran yang masih tertinggal disana, karena jika masih ada, besar kemungkinan oli tidak bisa masuk dan keluar dengan
sempurna.
Pekerjaan selanjutnya bilaslah dengan Carb cleaner (STP atau sejenisnya) sehingga kotoran yang telah di lunturkan DCS terlepas dan HLA menjadi bersih kembali seperti ini
Perhatikan jika terdapat goresan pada bagian-bagian tersebut sebaiknya gantilah dengan HLA yang baru.
Selanjutnya olesi seluruh part dengan oli baru, install ulang bagian-bagian tersebut sesuai urutan gambar diatas, jika Check Valve body sukar masuk ( artinya Check Valve body bekerja baik) Tusuk dan tekanlah Check Ball dengan Special tool (lihat Service maual masing-masing kendaraan) atau jika tidak ada, bisa menggunakan obeng jam (plus) atau juga bisa menggunakan klip kertas yang sudah diluruskan, melalui lubang kecil tepat di ujung kepala adjusting piston sehingga check ball tertekan ke bawah dan udara yang ada dalam lifter housing keluar dan Check valve body masuk kedalam.
Pada saat menginstall Adjusting Piston, perhatikan lubang Adjusting Piston harus searah dengan lubang pada Liftter housing. Baru kemudian pasang Crimp connector untuk mengunci.
Lihatlah perbedaan antara yang belum dan yang sudah di bersihkan………..hmmm kinclong kan.
Lakukanlah pembersihan pada semua HLA dan setelah selesai semuanya setiap HLA harus direndam dalam Oli yang baru sambil menekan-nekan adjusting pistonnya agar oli bisa mengisi rongga High pressure chamber. Jika oli sudah masuk dengan sempurna maka adjusting piston akan sangat berat untuk ditekan dengan tangan, bahkan bisa dikatakan tidak bisa ditekan lagi.
Setelah selesai pekerjaan terhadap HLA, pasangkan kembali HLA pada Cyl head dengan lubang lifter housing menghadap kearah lubang saluran oli pada cyl head, dan setelah dirasa semua pekerjaan komplit jangan lupa pasang camshaft dkk.
Beres itu semua lakukan start engine ( sebaiknya dengan oli baru tentunya), dan biarkan beberapa saat sampai mesin mencapai suhu kerja dan rasakan bedanya.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat
—Dilarang mengambil, mengutip sebagian atau seluruh isi situs ini tanpa izin penulis—
October 30, 2006 at 12:49 am
Om kepanjangannya apa sih HLA itu? n fungsinya apa? maaf banyak tanya, maklum orang awam…
ps: sebagai saran, om kalo bisa artikelnya bisa dideskripsikan dahulu point utamanya..maklum saya salah satu orang gaptek yg ga ngerti apa2 hehe…
regards,
danny
Roel Says:
Apa itu HLA bisa dilihat pada jawaban kang Trilukito
Terima kasih inputnya, sangat berguna untuk saya dalam penulisan mendatang.
October 30, 2006 at 1:44 am
Tanya kang, apa itu HLA. Apakah di corolla TC 91 barang itu ada dan apa gejala/akibatnya jika kotor
salam
trilukito
Roel Says:
HLA adalah Hydraulic Lash Adjuster, gunanya agar kerenggangan klep selalu nol tidak seperti pada system konvensional yang mengharuskan adanya gap antara cam atau rocker arm dengan klep.
Pada Twincam tidak menggunakan HLA tetapi menggunakan Shim bentuknya seperti koin dan seperti halnya yang konvensional tetap menggunakan adanya gap yang disarankan pabrikan.
Ingin lebih jelas bisa baca di http://en.wikipedia.org/wiki/Hydraulic_lifters
November 6, 2006 at 2:30 am
om mau tny HLA mitsu bisa di matiin ga seh?
pernah tau ga om? soalnya saya rasa kl HLAnya dimatiin mesin akan jd semakin responsif, maklum HLAnya udah pada loyo..
thanks
ardhi
Roel Says:
Wah yang ini belum pernah tahu, jika Ardhi pernah coba, bisa juga share infonya.
May 7, 2007 at 3:48 pm
Terima Kasih, saya pake mitsu dan gan DOHC, juga sudah pake HLA, trus bagaimana melepaskan HLA itu, apakah hanya dengan tangan saja atau pakai alat tertentu, kalo bisa si step by step nya, sip deh…trims
Roel Says:
Mengeluarkan HLA harus membuka Camshaft dan membuka Camshaft berarti juga melepas timing belt, baru kemuadian HLA di keluarkan dan di bersihkan seperti tersebut dalam artikel, dan pemasangannya juga harap mengikuti anjuran saya dalam artikel.
Maaf jika artikelnya kurang detail, karena keterbatasan waktu.
December 2, 2008 at 9:04 am
Wah, artikel yg bgs nih..
Saya pake great corolla, itu pakai HLA kan?
trus kalau soal bleeding gmana nih pak?
karena bunyi klepnya sudah mulai kasar, nti ganti oli berikutnya mau dibongkar HLAnya..
Makasih..
Roel says :
Great Corolla tidak pakai HLA, tetapi pakai Shim (semacam coin), jika klep mulai berisik musti di ukur terlebih dahulu berapa gap yang ada sekarang kemudian Shimnya dilepaskan dan diukur ketebalannya, sesudah itu baru dihitung ketebalan shim penggantinya. Cukup ribet karea harus pakai special tools.
December 15, 2008 at 2:51 pm
Thanks Kang artikelnya bagus.
di mitsu gti 1800cc saya, hla-nya pernah di cek katanya masih bagus(walau ada suara tek-tek juga), tapi ada ring di bagian bawah HLA (seperti pengganjal HLA supaya lebih tinggi). Apakah cara ini berbahaya? Kalo mau bleading HLA spt di artikel di tempat akang, biayanya berapa kan?
December 31, 2008 at 7:27 am
Kang Sigit,
Kalo diganjel pasti berbahaya, karena lubang pengisian oli ke HLA di cyl head bisa tidak sama dengan lubang di HLA.
Silakan kang main ke PadoC…..moga moga saya bisa bantu…!!
January 22, 2009 at 2:24 pm
Kang Arul, mau tanya nih seputar SHIM All New Corolla. Waktu habis turun mesin, mesin saya berisik, trus saya bongkar lagi, penyebabnya ada di SHIM, karena ketebalan antara in dgn out berbeda, saya ukur pakai alat khusus (stigmat). Pertanyaan saya adalah, apabila saya ganti SHIM nya dgn yg baru (AUTO2000) apakah bisa menyelesaikan masalah saya?
Thanks in advance
Budhi
Roel says:
Kang Budhi,
Banyak saya temukan sehabis turun mesin bunyinya jadi kasar, biasanya di Corolla saat turun mesin sebelum melepas Camshaft bagian Intake harus dikunci terlebih dahulu agar scissor gear nya tidak meleset dan syncron kembali saat di pasang kembali. Nah kemungkinan bengkel tersebut saat turun mesin cam nya tidak di kunci terlebih dahulu dan saat pemasangan kembali menjadi tidak syncron.
Sedangkan shim memang ketebalannya berbeda beda jangankan antara In dan Ex, antara In aja berbeda. Yang penting di ukur adalah Gap Intake harus ada diantara 0,15mm s/d 0,25mm (max) sedangkan Exhaust harus ada diantara 0,2mm s/d 0,3mm (Max)
April 1, 2009 at 10:26 pm
bila tidak di bersihkan atau di ganti dampaknya apa ya, apa hanya suaranya saja yang berisik atau bisa merembet ke part lain?
Roel Says:
Jika tidak ditangani selain suara yang berisik, juga akan menjadikan mobil tidak bertenaga dan boros tentunya.
Yang paling extrem, klep exhaust bisa terbakar karena gap yang semakin lebar dan celah bukaan klep menjadi kecil.
June 25, 2009 at 11:44 am
Om, kalo saya mo ganti tming belt, itu sekalian dgn pekerjaan bersihin HLA ga? oh iya, bengkel dmana om?berapa kirasan hrg service dan partnya? mobil ANC 1.6 Matic.
Roel says:
Maaf untuk semantara PadoC off dulu, karena kesibukan saya cukup menyita waktu.
ANC 1.6 menggunakan shim bukan HLA, Jika celah katup sudah tidak sesuai spec sebaiknya diganti.
February 28, 2010 at 1:39 am
saya pake mobil tua toyota cressida 86. dua tahun lalu bunyi kayak mesin jahit di bawah kap pada saat mesin dingin tapi lama-kelamaan hilang dengan sendirinya. nah, belakangan ini suara itu hanya berkurang meski kondisi mesin sudah panas. apa HLA-nya masih bisa tertolong dengan hanya dibersihin dengan cara diatas ? apa oli yang cocok untuk mengurangi bunyi masalah HLA ? mohon pencerahan n trims.
September 29, 2010 at 2:29 pm
salam kenal….mas mau nanya tentang minyak SONAC B, dan belinya pasaran ada tidak terima kasih sebelum